Kontroversi! Ronaldo Murka, Merasa Dirugikan Gol Tidak Disahkan

Minggu, 28 Maret 2021 - 05:31 WIB
loading...
Kontroversi! Ronaldo Murka, Merasa Dirugikan Gol Tidak Disahkan
Cristiano Ronaldo murka golnya tidak diakui/Foto/marca.com
A A A
BELGRADE - Hasil imbang yang dipetik Portugal saat melawan Serbia berakhir dengan kontroversi. Portugal tidak terima hasil sepakan Cristiano Ronaldo tidak diakui sebagai gol meski melewati garis gawang.

Portugal memimpin 2-0 hingga akhir babak pertama berkat gol Diogo Jota dalam matchday kedua Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Rajko Mitic, Sabtu (27/3/2021) malam waktu lokal atau Minggu (28/3/2021) dini hari WIB. Namun, di babak kedua Serbia mampu bangkit dan membalas lewat gol Aleksandar Mitrovic dan
Filip Kostic.

.

Tuan rumah hanya diperkuat sepuluh pemain pada perpanjangan waktu ketika Nikola Milenkovic dikeluarkan dari lapangan karena mengasari Danilo Pereira, tetapi itu tidak berakhir di sana.

Beberapa saat kemudian atau menit ke-90+2, Cristiano Ronaldo menerima umpan lambung dan mengarahkan tendangannya melewati Marko Dmitrovic ke arah gawang Serbia.

.

Bek Stefan Milinkovic meluncur untuk menghalau bola, meskipun tayangan ulang menunjukkan bahwa bola melewati garis sebelum dia melakukan kontak dengan bola. Bernardo Silva melakukan rebound tetapi tendangannya diblok Mitrovic juga di garis gawang.



Peluit akhir dibunyikan wasit Danny Makkelie asal Belanda beberapa detik kemudian, dengan Ronaldo tidak percaya atas keputusan wasit yang tidak memberikan gol. Dia menghilang di terowongan setelah melempar ban kaptennya ke tanah dengan geram.

Jalannya pertandingan babak pertama, timnas Serbia sejatinya memulai pertandingan dengan sangat baik. Dalam lima menit pertama, mereka berhasil membuat Portugal bermain bertahan. Bahkan pada menit ketujuh Serbia mencoba mencetak gol melalui sepakan Filip Kostic. Sayangnya, bola bisa diblok Cedric Soares.

Semenit berselang, giliran Portugal yang mendapat peluang emas. Bernardo Silva mencoba menggiring bola ke dalam kotak penalti Serbia dan memberikan umpan kepada Cristiano Ronaldo. CR7 sebenarnya tidak sedang dalam penjagaan, namun bola tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang.

Portugal baru bisa membuka keunggulan di menit ke-11. Bernardo Silva mengirimkan umpan silang yang begitu sempurna ke jantung pertahanan Serbia. Si kulit bundar lalu disundul oleh Diogo Jota hingga menjebol gawang Marko Dmitrovic. Portugal memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, Serbia pun mencoba bangkit. Akan tetapi bukanlah perkara mudah untuk bisa mengkreasikan peluang. Kesempatan cukup bagus baru tercipta pada menit ke-30 melalui skema sepak pojok.

Dusan Tadic mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti dari sepak pojok. Bola lalu disundul Nikola Milenkovic yang diarahkan kepada Strahinja Pavlovic. Nama terakhir lantas menuntaskannya dengan tembakan ke gawang. Meski begitu, laju bola ternyata dapat diblok.

Alih-alih berusaha menyamakan kedudukan, gawang Serbia justru kembali bobol pada menit ke-36. Lagi-lagi Diogo Jota mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini winger Liverpool itu menanduk bola yang diumpankan oleh Cedric Soares. Skor 2-0 ini pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Serbia langsung menampilkan permainan menyerang. Hasilnya, belum genap satu menit laga berjalan, tuan rumah berhasil menipiskan keadaan. Aleksandar Mitrovic mencetak gol denhan memanfaatkan umpan Nemenja Radonjic.

Selepas gol tersebut, para pemain Serbia menjadi semakin trengginas. Skuad asuhan Dragan Stojkovic itu bahkan hampir menyamakan kedudukan di menit ke-55. Sergej Milinkovic-Savic menyundul bola yang diumpankan dari sepak pojok. Hanya saja, arah bola masih melenceng tipis dari gawang Portugal.

Serbia baru benar-benar menyamakan papan skor di menit ke-60. Melalui skema serangan balik cepat, Serbia langsung menrejang pertahanan Portugal. Radonjic memberikan umpan yang bagus kepada Filip Kostic yang berdiri bebas. Tanpa kesulitan berarti, Kostic pun menaklukkan Anthony Lopes.

Beberapa saat kemudian, terjadi kemelut di dalam kotak penalti Portugal. Nemanja Maksimovic menyambar bola dengan sepakan rendah. Beruntung bagi Portugal Ruben Dias tampil sigap melakukan blok.

Memanfaatkan sisa waktu yang ada, Cristiano Ronaldo mencoba menjadi pahlawan dengan melakukan cut inside dari sisi kiri lalu melayangkan tembakan. Akan tetapi upaya tersebut sia-sia lantaran bola tembakannya tidak tepat sasaran. Pertandingan pada akhirnya usai dengan skor 2-2.

Susunan Pemain

Serbia (3-4-1-2): Marko Dmitrovic; Nikola Milenkovic, Stefan Mitrovic, Strahinja Pavlovic; Darko Lazovic, Sergej Milinkovic-Savic, Nemanja Gudelj, Filip Kostic; Dusan Tadic; Dusan Vlahovic, Aleksandar Mitrovic.
Cadangan: Mihailo Ristic, Nemanja Maksimovic, Andrija Zivkovic, Uros Spajic, Nemenja Radonjic, Djordje Nikolic, Nenad Krsticic, Filip Djuricic, Marko Grujic, Predrag Rajkovic, Marko Petkovic, Luka Jovic.

Portugal (4-3-3): Anthony Lopes; Cedric Soares, Jose Fonte, Ruben Dias, Joao Cancelo; Danilo Pereira, Bruno Fernandes, Sergio Oliveira; Bernardo Silva, Diogo Jota, Cristiano Ronaldo.
Cadangan: Renato Sanches, Pedro Neto, Joao Palhinha, Luis Neto, Rui Silva, Rafa, Nuno Mendes, Domingos Duarte, Andre Silva, Ruben Neves, Jose Sa, Joao Felix.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)