5 Fakta Bercerita di MotoGP Doha 2021: Sejarah Duo Prancis di Podium

Senin, 05 April 2021 - 22:01 WIB
loading...
5 Fakta Bercerita di MotoGP Doha 2021: Sejarah Duo Prancis di Podium
Duo Prancis naik Podium MotoGP Doha 2021, Fabio Quartararo dan Johann Zarco/Foto/Twitter
A A A
DOHA - MotoGP Doha 2021 kelar digelar Senin (5/4/2021) dini hari WIB, dengan rider Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo keluar sebagai juara. Ada fakta menarik yang tersisa dari balapan malam yang digelar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Quartararo berhasil memperlihatkan performa yang luar biasa di seri kedua MotoGP 2021 itu. Bagaimana tidak, mengawali race dari posisi kelima dan sempat dilewati oleh beberapa pembalap, Quartararo nyatanya mampu memperbaiki posisinya dari lap ke lap.

.

Sampai akhirnya ketika balapan menyisakan sembilan lap, Quartararo tampil beringas dan menutup lomba dengan menjadi yang tercepat menyentuh garis finis.

.

Tentunya selain Quartararo yang sukses menjadi pemenang, ada fakta lain yang terjadi di sepanjang balapan MotoGP Doha 2021 tersebut. Berikut Lima Fakta MotoGP Doha 2021:

5. Rider rookie, Jorge Martin tampil luar biasa

Kejutan telah terjadi di MotoGP Doha 2021, di mana rider rookie dari Pramac Ducati berhasil merebut pole position pada sesi kualifikasi. Ia yang memgawali balapan dari posisi terdepan pun kembali memperlihatkan performa yang menakjubkan karena cukup lama memimpin jalannya race.

.

Walau pada akhirnya Martin gagal mempertahankan keunggulannya itu, namun setidaknya rider yang baru direkrut oleh Pramac mampu finis di posisi podium karena finis di urutan ketiga.

4. Pertama sejak 67 tahun, ada dua rider Prancis yang berdiri bersama di podium

Podium MotoGP Doha 2021 dikuasai Quartararo, Johann Zarco (Pramac Ducati), dan Martin. Menariknya, ternyata keberhasilan Quartararo dan Zarco yang sama-sama berdiri di atas podium telah mencetak sejarah baru di ajang balapan tersebut.

Tepatnya Zarco dan Quartararo menjadi pembalap asal Prancis pertama yang kembali bersama-sama naik podium. Terakhir kali momen itu terjadi sekiranya pada 67 tahun yang lalu.

3. Zarco pimpin klasemen sementara pembalap MotoGP 2021

Keberhasilan Zarco finis sebagai runner-up di MotoGP Doha dan seri Qatar pada pekan lalu membuatnya kini berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2021. Zarco tepatnya berhasil mengoleksi 40 poin.

Tentu catatan tersebut cukup baik dan bisa menjadi modal bagi Zarco untuk menatap gelar juara MotoGP 2021. Namun, sebenarnya jarak Zarco dengan rider-rider lainnya masih belum terlalu jauh. Zarco saja hanya unggul empat poin dari dua rider Yamaha, Quartararo dan Maverick Vinales yang menempati posisi kedua dan ketiga.

2. Yamaha sukses unjuk gigi lagi di MotoGP Doha 2021

Pada balapan pembuka MotoGP 2021, Vinales secara mengejutkan mampu keluar sebagai pemenang di seri Qatar. Ia mampu memperlihatkan kehebatan motor YZR-M1 milik Yamaha itu di sirkuit yang merupakan andalan Ducati.

Pada seri kedua, yakni MotoGP Doha 2021, lagi-lagi Yamaha paling bersinar di Sirkuit Losail. Kali ini giliran Quartararo yang memperlihatkan kuda besi Yamaha tersebut. Hal itu jelas membuktikan bahwa Yamaha kini berjaya di Losail.

1. Valentino Rossi tampil melempem di MotoGP Doha 2021

Valentino Rossi lagi-lagi tampil melempem di Sirkuit Losail. Jika pada seri Qatar Rossi dapat finis di urutan ke-12, maka kini rekan setim Franco Morbidelli itu hanya bisa mengakhiri race di posisi ke-16.

Hal itu berarti pada balapan kedua MotoGP 2021 tersebut Rossi tak membawa pulang poin sama sekali. Semua itu tentunya tak terlepas dari hasil buruk yang didapatkan Rossi di sepanjang sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Sebab mengawali balapan dari posisi dua terakhir, alias urutan ke-21 membuat Rossi pada akhirnya kesulitan mengejar para kelompok terdepan. Meski begitu, setidaknya Rossi mampu melewati sejumlah rider untuk bisa finis di posisi ke-16.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)