Kisah Gennadiy Golovkin, Dulu Dilupakan Kini Dihormati Kazakhstan

Kamis, 21 Mei 2020 - 07:10 WIB
loading...
A A A
Golovkin dibesarkan di Karaganda, sebuah kota penambangan batu bara dan tempat yang sulit untuk tumbuh dewasa. Dua saudara laki-lakinya yang tertua bergabung dengan tentara dan tidak pernah pulang, tanpa penjelasan yang diberikan kepada keluarga.

Dua opsi bagi siapa pun yang dibesarkan di Karaganda adalah tambang atau militer, tetapi Golovkin, putranya yang paling terkenal, telah mendefinisikan kembali bagaimana seluruh negaranya terlihat di seluruh dunia.

Pertarungannya di Kazakhstan adalah yang terakhir sebelum promotor Amerika Tom Loeffler bergabung dengan tim dan membantu membangun profilnya di AS dengan kesepakatan TV utama. Di dalam ring, Golovkin membangun popularitasnya sendiri dengan mengikat rekor Bernard Hopkins untuk pertahanan gelar Kelas Menengah, dan mendatangkan malapetaka sebagai petinju dengan pukulan terbesar di seluruh cabang olahraga.

Dia menjadi petinju ketiga, dan bukan orang Amerika pertama, yang masuk ke merek Michael Jordan dengan Nike. Enam setengah mil dari rumah ia menjadi bintang dan akhirnya negerinya cocok. "Sekarang dia adalah pahlawan nasional dan dia layak mendapatkannya," kata Sanchez.

Dia bertemu presiden negaranya Nursultan Nazarbayev di Washington DC empat tahun lalu. Kazakhstan nyaris gagal menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022 tetapi, dengan Golovkin bagian dari promosi menjadi tuan rumah Expo 2017, sebuah debat global tentang energi. Bocah lelaki dari kota penambangan batu bara itu kini menjadi bahan pembicaraan. "Saya 100 persen yakin bahwa seluruh negara berakar untuk Anda ketika Anda masuk ke ring," kata presiden kepada Golovkin tiga tahun lalu.

Apakah GGG akan terjun ke dunia politik? "Aku pikir itu terlalu berlebihan bagiku," katanya. "Aku hanya seorang petinju."

Di Kazakhstan, negara yang dulu dikenal dengan film Sacha Baron Cohen, Golovkin telah menjadi sosok baru yang paling terkenal. Batalion militer mereka pernah berbaris dalam formasi GGG. Wajahnya ada di bus lokal. Pertandingan sepak bola papan atas ditunda ketika dia duduk di stadion. Politisi mengerumuninya untuk foto mengetahui bahwa difoto di perusahaannya adalah dorongan untuk kredibilitas mereka.

Pertahanan gelar kelas menengah IBF berikutnya diharapkan melawan penantang wajib Kamil Szeremeta dan, sebelum dikunci, itu sedang dipertimbangkan untuk Kazakhstan. Kapal itu mungkin telah berlayar sekarang, berarti Golovkin mungkin tidak bertarung lagi di rumah.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)