Piala Dunia Futsal Terapkan Video Support System

Kamis, 17 Juni 2021 - 22:06 WIB
loading...
Piala Dunia Futsal Terapkan Video Support System
Piala Dunia Piala Dunia Futsal FIFA Lithuania 2021 mencatat sejarah baru/Foto/fifa.com
A A A
ZURICH - Piala Dunia Futsal FIFA Lithuania 2021 mencatat sejarah baru. Untuk pertamakalinya, event tersebut menerapkan teknologi Video Support System (VSS) untuk memantau jalannya perandingan. Penerapan VSS dinilai akan berdampak positif pada permainan.

Video Support System terdiri dari operator peninjau dan monitor yang dtempatkan di sisi lapangan di mana wasit dapat langsung memeriksa ketika terjadi insiden tertentu.



FIFA telah menyetujui penggunaan dukungan video (Video Support System) di Piala Dunia Futsal FIFA Lithuania 2021. Keputusan tersebut sejalan dengan tujuan FIFA memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas sepak bola, sebagaimana diatur dalam Visi 2020-2023.

Wasit dan tim akan mendapat manfaat dari pemutaran ulang video. Teknologi ini telah diuji di beberapa liga futsal papan atas di Eropa.



Berikut ini tipe insiden spesifik yang dapat ditinjau ulang melalui Video Support System:
1. Situasi gol / tidak gol
2. Insiden di Area Penalti
3. Insiden yang menyebabkan Kartu Merah Langsung
4. Potensi Kasus kesalahan pengambilan Keputusan wasit

Pierluigi Collina, Ketua Komite Wasit FIFA, mendukung pengenalan video support system dan menanggapi dengan atusias pelaksanaannya.

“Ini adalah tonggak penting bagi permainan futsal. pengenalan video support system di tingkat tertinggi kompetisi internasional tentu akan menjadi sistem inovatif untuk olahraga ini. Inovasi ini memungkinkan peninjauan cepat atas insiden spesifik di lapangan dan pada akhirnya memastikan hasil yang lebih adil.”

Wasit akan memiliki kesempatan untuk memeriksa insiden, dan untuk mengklarifikasi momen-momen yang menentukan dalam pertandingan futsal. Teknologi ini telah diuji di beberapa kompetisi dan juga telah beroperasi di Lithuania, negara tuan rumah Piala Dunia Futsal FIFA 2021™️. Selain itu, konsultasi yang dilakukan dengan berbagai pemangku kepentingan futsal, termasuk pelatih dan pemain top, menghasilkan feed back yang sangat positif mengenai sistem tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2602 seconds (0.1#10.140)