Kisah Gianluigi Donnarumma: Debut Bersejarah, Dollarumma hingga Hero Italia

Sabtu, 17 Juli 2021 - 09:51 WIB
loading...
Kisah Gianluigi Donnarumma: Debut Bersejarah, Dollarumma hingga Hero Italia
Kisah Gianluigi Donnarumma: Debut Bersejarah, Dollarumma hingga Hero Italia/The Sun
A A A
Kisah Gianluigi Donnarumma penuh cerita manis dan pahit mulai dari debut bersejarah bersama AC Milan , dijuluki cap pengkhianat AC Milan, Dollarumma hingga menjadi hero Italia di Piala Eropa. Donnarumma meroket saat debut AC Milan di usia 16 tahun 242 hari.

Kiper jangkung yang kini berusia 22 tahun itu menjadi penjaga gawang termuda kedua yang bermain di pertandingan Serie A ketika ia tampil di antara mistar gawang melawan Sassuolo untuk Milan di San Siro. Pewaris takhta Gianluigi Buffon, penjaga gawang yang memiliki tinggi 196 cm itu menjadi kunci Timnas Italia memenangkan Piala Etopa 2020.

Donnarumma bahkan menjadi Player of the Tournament - menjadi penjaga gawang pertama yang secara resmi memenangkan penghargaan bergengsi. Musim depan ia memulai babak baru dalam hidupnya di PSG setelah meninggalkan klub masa kecilnya, AC Milan, di mana ia bermain luar biasa sebanyak 251 kali meskipun usianya masih muda.

Donnarumma memulai kariernya bersama Napoli, lahir di Castellammare di Stabia. Pada tahun 2013, di usia 14 tahun, dia akan meninggalkan Napoli untuk membela Rossoneri, yang membayar sekitar £200,000 untuk remaja tersebut.



Kakak laki-lakinya Antonio sudah ada di Milan, jadi dia punya keluarga untuk bersandar. Sebagai bagian dari akademi, Donnarumma yang lebih muda naik pangkat bersama Giovanissimi, lalu Allievi, dan akhirnya Primavera yang sekarang sudah punah yang memberi pengalaman kompetitif kepada anak-anak berusia 15-19 tahun.

Menjelang musim 2015-16, mantan manajer AC Milan Siniša Mihajlovi mempromosikan Donnarumma ke tim utama, awalnya sebagai pilihan ketiga di belakang Diego López dan Christian Abbiati. Namun, setelah pra-musim yang menakjubkan, dia segera memaksakan dirinya ke dalam pikiran Mihajlovic. Pada bulan Oktober, dia dipilih di depan Lopez melawan Sassuolo. Pada usia 16 tahun 242 hari, ia hanya terpaut 13 hari dari rekor Giuseppe Sacchi yang dibuat 73 tahun sebelumnya.

Kisah Gianluigi Donnarumma: Debut Bersejarah, Dollarumma hingga Hero Italia


Setelah itu, saingannya Lopez mengatakan kepada wartawan bahwa Donnarumma adalah "masa depan Milan dan sepak bola Italia".Tidak lama setelah Donnarumma memantapkan dirinya sebagai kiper Milan No1, perselisihan kontrak dimulai tentang masa depannya.

Sudah diwakili oleh agen super Mino Raiola, diumumkan bahwa dia tidak akan memperbarui kontraknya dengan klub pada tahun 2017. Fans dibiarkan marah dan melemparkan ejekan uang kertas palsu dengan wajahnya ke lapangan selama pertandingan U-21 melawan Denmark. Aksi itu memunculkan cap Dollarumma dalam sosok Gianluigi Donnarumma.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3535 seconds (0.1#10.140)