Jalan Panjang dan Kesetiaan 28 Tahun Viking Mendukung Persib

Minggu, 18 Juli 2021 - 03:03 WIB
loading...
A A A
'Ritual' Memandikan Patung
Salah satu yang menarik dari HUT Viking setiap tahunnya adalah kerap ada 'ritual' memandikan monumen atau patung di pertigaan Jalan Tamblong-Veteran, Kota Bandung.

Sejatinya, patung ini berwujud pria yang tengah menggiring bola. Publik Bandung seringkali menyebutnya dengan nama Patung Adjat Sudjarat. Adjat sendiri merupakan legenda Persib yang beken di era 1980-an hingha 1990-an.

Sejak 1999, setiap Viking berulang tahun, patung ini selalu dibersihkan ramai-ramai oleh anggota Viking. Sebelum memandikan, mereka biasanya ramai-ramai konvoi ke berbagai titik di Kota Bandung.

"Idenya dari almarhum (Panglima Viking Ayi Beutik). Dia tiba-tiba saja keidean mandiin patung," kata mantan Dirijen Viking Yana Umar.

Sebenarnya, tak ada pengkultusan atau menganggap patung itu sebagai sesuatu yang luar biasa. Sisi positifnya, kegiatan memandikan patung dimaknai sebagai simbol cinta dan merawat monumen yang sangat nilai sejarah.

Sebab, patung itu dibuat di zaman Wali Kota Bandung Ateng Wahyudi pada 1990. Patung ini jadi simbol kejayaan Persib dan Kota Bandung yang saat itu merajai sepaka bola Indonesia.

Namun, sejak pandemi melanda, tak ada ritual membersihkan patung pesepak bola tersebut. Bahkan, tahun ini Viking lebih memilih kegiatan bagi-bagi makanan bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Jadi Identitas Pendukung Persib
Seiring berjalannya waktu, kelompok suporter Persib tak hanya Viking. Ada beberapa kelompok lain yang kemudian lahir

Sehingga, pecinta Persib sebenarnya punya banyak pilihan ketika ingin tergabung dalam organisasi suporter. Namun, yang menarik, Viking seolah sudah begitu melekat dengan imej Bobotoh.

Bisa dibilang Viking adalah Bobotoh, tapi Bobotoh belum tentu anggota Viking. Nama Viking kerap disandingkan sejajar dengan Bobotoh. Sebab, karena begitu banyak simpatisan, tak jarang ada gerombolan mengatasmakan Viking. Apalagi ditambah dengan penggunaan atribut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)