Si Dengkek Mia Audina Prestasi dan Kontroversi Membela 2 Negara

loading...
Si Dengkek Mia Audina Prestasi dan Kontroversi Membela 2 Negara
Si Dengkek Mia Audina Prestasi dan Kontroversi Membela 2 Negara/Olympic.org
Si Dengkek Mia Audina prestasi dan kontroversi membela 2 negara yang menyihir jagat bulu tangkis. Apa kabar Mia Audina ? Si bocah ajaib asal Jawa Barat yang kini menjadi warga Negara Belanda itu, baru saja berulang tahun ke-42 pada 22 Agustus lalu.

Kendati sudah menetap di Rotterdam, Belanda, prestasi dan kontroversi si Dengkek Mia Audina selalu menarik diulas dengan segala keistimewaannya di masa kejayaannya. Sederet prestasi bergengsi dipersembahkan pemain bernama lengkap Mia Audina Tjiptawan untuk 2 negara: Indonesia dan Belanda.

Baca Juga: Mia Audina Si Dengkek Sabet 2 Medali Olimpiade untuk 2 Negara

Kilas balik di masa emasnya saat berusia 14 tahun saat masih membela Indonesia, Mia menjadi pemain termuda yang merebut Piala Uber 1994. Mia Audina dengan keistimewaan bola kedutnya menjadi pahlawan Piala Uber Indonesia saat mengalahkan China 3-2 di final.



Mia yang berusia 14 tahun tampil berani di partai penentuan saat kedudukan 2-2. Si Dengkek memukau publik Jakarta setelah mengalahkan Zhang Ning untuk mengubah kedudukan 3-2.

Hebatnya, dua tahun kemudian pada 1996, Mia membawa Tim Piala Uber Indonesia mempertahankan trofi kejuaraan bulu tangkis dunia beregu wanita. Mia pun tercatat sebagai pemain termuda yang membawa Indonesia menjuarai Piala Uber dua kali beruntun. Prestasi Mia Audina sepertinya akan sulit dilewati pemain tunggal putri Indonesia manapun.

Pada 1996, Mia Audina merebut medali perak Olimpiade Atlanta setelah dikalahkan Bang Soo-Hyun di final. Sukses itu menjadikan si Dengkek Mia Audina menjadi pemain termuda yang meraih medali bulu tangkis olimpiade dalam usia 16 tahun!. Di tahun 1996 ini pula, si Dengkek Mia Audina menjadi pemain tunggal putri nomor 1 dunia pada Oktober.

Pada 1999, Mia Audina membuka lembaran baru saat menikah dengan Tylio Arlo Lobman, seorang penyanyi gospel asal Suriname berkebangsaan Belanda. Pada 2000, Mia pindah ke Belanda mengikuti kewarganegaraan suaminya yang memicu kontroversi.

Sejak itu, Mia Audina berjanji tidak akan tampil di Indonesia membela nama Belanda. Dia tidak ingin menyakiti hati masyarakat Indonesia, negeri kelahirannya yang sudah membesarkan namanya di jagat bulu tangkis.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top