Mia Audina si Dengkek Sabet 2 Medali Olimpiade untuk 2 Negara

Minggu, 08 Agustus 2021 - 08:08 WIB
loading...
Mia Audina si Dengkek Sabet 2 Medali Olimpiade untuk 2 Negara
Mia Audina si Dengkek Sabet 2 Medali Olimpiade untuk 2 Negara/BWF
A A A
Mia Audina menjadi satu-satunya pebulu tangkis yang menyabet medali Olimpiade untuk dua Negara. Mia sempat menggegerkan jagat bulu tangkis di era 90an dan awal 2000an ketika meraih medali Olimpiade untuk Indonesia dan Belanda.

Sebuah prestasi berbalut kontroversi mengiringi sejarah karier pemain kelahiran Indonesia yang kini membela Belanda. Si Dengkek, begitu julukan yang disematkan kepada pemain bernama lengkap Mia Audina Tjiptawan tersebut, memang kontroversi.

Baca Juga: Indonesia Bangga! Anthony Ginting Sabet 2 Medali Olimpiade

Mia dijuluki si Dengkek karena kelenturan tubuhnya yang mampu melenturkan badannya hingga ke belakang saat mengembalikan shuttlecock memang istimewa. Digadang-gadang sebagai penerus Susy Susanti, Mia malah membelot ke Negara lain.

Si Dengkek memang memiliki keistimewaan di pukulan stroke yang penuh kejutan. Pukulannya yang komplet melengkapi kejayaan tunggal putri Indonesia di era Susy Susanti. Duo Susy dan Mia menjadi kartu as bulu tangkis Indonesia saat meraih Piala Uber beruntun pada 1994 dan 1996.

Nama Mia juga tercatat di buku sejarah Olimpiade ketika meraih medali perak 1996 dan 2004. Istimewanya, Mia menjadi satu-satunya pebulu tangkis yang meraih medali di Olimpiade atas nama dua Negara: Indonesia dan Belanda.

Baca Juga: Kisah Pilu Hongchan Quan, 14 Tahun, Cari Uang Jadi Atlet demi Ibunya yang Sakit


Ya, Mia pertama kali meraih medali Olimpiade ketika berbendera Indonesia pada 1996. Di final, Mia yang bertubuh mungil meraih medali perak setelah dikalahkan BangSoo Hyun. Delapan tahun berikutnya, Mia yang berpindah kewarganegaraan, meraih medali perak Olimpiade keduanya mewakili Belanda.

Di Olimpiade Athena 2004, Mia yang berseragam Oranye Belanda menyabet perak setelah ditaklukkan Zhang Ning dari China di final. Hengkangnya Mia menjadi Warga Negara Belanda menjadi kontroversi karena mengikuti suaminya Tulio Lobman yang merupakan warga Kincir Angin.
(aww)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3082 seconds (11.97#12.26)