Venue Rugby PON XX Papua Raih 3 Rekor MURI

Kamis, 23 September 2021 - 04:03 WIB
loading...
Venue Rugby PON XX Papua Raih 3 Rekor MURI
Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua hampir sempurna. Fasilitas-fasilitas olahraga yang akan digunakan sudah banyak yang rampung, termasuk venue cabang olahraga (cabor) rugby yang diresmikan pada Rabu, (22/9/2021) / Foto: Gerakita
A A A
JAYAPURA - Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua hampir sempurna. Fasilitas-fasilitas olahraga yang akan digunakan sudah banyak yang rampung, termasuk venue cabang olahraga (cabor) rugby yang diresmikan pada Rabu, (22/9/2021).

Acara peresmian itu dihadiri oleh Ketua Uum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman dan Ketua PB PON XX sekaligus Gubernur Papua, Lukas Enembe. Lalu, ada juga Ketua Harian PON XX Papua, Yunus Wonda.

Dalam acara tersebut, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan tiga penghargaan untuk venue rugby. Ketiga rekor yang dimaksud adalah Pembangunan Gelanggang Rugby Standard World Rugby Tercepat, Pemasangan Gelanggang Olahraga Pertama dengan Sistem Pre-Fabrikasi, dan Pemasangan Rumput Sintetik pada Field of Play (FoP) Tercepat.

BACA JUGA: Ke Papua, Sandiaga Uno Buka Eksibisi Esports PON XX

Venue rugby yang terletak di Komplek TNI Angkatan Udara, Sentani, Kabupaten Jayapura, selesai lebih cepat dari yang dijadwalkan dengan memakan biaya sebesar Rp122 miliar. Tempat itu dirampungkan dalam waktu 93 hari, lebih cepat satu minggu dari target yang ada.

“Semua sudah lengkap. Kita menjadi tuan rumah yang baik untuk tamu-tamu kita,” kata Lukas dikutip dari Gerakita, Rabu (22/9/2021).

BACA JUGA: Eksibisi Esports PON XX Papua 2021, Tonggak Sejarah Esports Indonesia

Selain itu, kegiatan tersebut juga meluncurkan Sistem Informasi – Elektronik Peralatan Olahraga Papua (SI-EPOP). SI-EPOP itu dibuat untuk mendata peralatan olahraga dengan baik.

Setiap alat yang berjumlah sekitar 19.00 itu akan dilengkapi barcode. Hal itu dimaksudkan untuk membantu pencatatan siapa yang bertanggung jawab atas alat itu dan berada dimana aset milik pemerintah daerah tersebut.

Sekadar informasi, rugby menjadi salah satu cabor yang digelar menjelang hari-hari terakhir PON XX Papua. Olahraga yang populer di Amerika Serikat itu akan dipertandingkan pada 10 – 13 Oktober 2021.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)