Ini Alasan Larangan Bendera Merah Putih Berkibar di MotoGP Mandalika 2022

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 16:04 WIB
Ini Alasan Larangan Bendera Merah Putih Berkibar di MotoGP Mandalika 2022
Pemerintah tampaknya yakin pagelaran balapan World Superbike (WSBK) dan MotoGP 2022 bakal sesuai jadwal, meskipun Badan Anti Doping Dunia (WADA) telah menjatuhkan sanksi pada Indonesia / Foto: MGPA
A A A
JAKARTA - Pemerintah tampaknya yakin pagelaran balapan World Superbike (WSBK) dan MotoGP 2022 bakal sesuai jadwal, meskipun Badan Anti Doping Dunia (WADA) telah menjatuhkan sanksi pada Indonesia.

Sanksi itu dijatuhi WADA pada pekan lalu lantaran Indonesia tak mematuhi aturan terkait doping. Salah satu hukumannnya tak diperbolehkan menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental atau dunia jika tidak segera membenahi aturan tersebut sesuai yang dijadwalkan.

Selain itu, sanksi tegas lainnya yakni tidak mengizinkan atlet Indonesia untuk mengibarkan bendera Merah Putih turun di bawah nama negara, kecuali di Olimpiade dan Paralimpiade.

BACA JUGA: MotoGP Mandalika 2022: Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan



Itu tertuang dalam aturan yang dituliskan WADA pada situs resminya, Jumat (8/10/2021). Sebagaimana direkomendasikan oleh CRC dan disetujui oleh ExCo WADA, sesuai dengan Pasal 11 dan Lampiran B.3.1 dari ISCCS, para Penandatangan kehilangan hak-hak istimewa WADA mereka sampai pemulihan kembali (ISCCS Annex. B.3.1(a)).

"Indonesia dilarang menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental, atau internasional selama masa penangguhan ini. Tetapi atlet-atlet Indonesia masih mendapatkan izin untuk ikut kompetisi. Namun, mereka tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih turun di bawah nama negara, kecuali di Olimpiade dan Paralimpiade," demikian pernyataan resmi WADA.

Meski demikian, penikmat balap di Tanah Air tak perlu khawatir. Sebab, Menpora Zainudin Amali menyampaikan bahwa kekhawatiran tidak bisa menjadi tuan rumah event internasional dan tidak boleh memakai nama Indonesia pada gelaran internasional juga tidak akan terjadi.

BACA JUGA: Keindahan Sunset Sirkuit Mandalika Terbaik di Dunia

WADA akan menunggu sampel PON Papua guna memenuhi TDP (Tes Doping Plan) 2021. "Saya kira tidak ya, setelah kami menyampaikan surat pada tanggal 8 Oktober kemarin kemudian WADA sudah merespon bahwa mereka memahami apa yang terjadi di Indonesia, situasi di Indonesia, dan kemudian mereka berharap dari PON ini sampel-sampel kita sesuai TDP kita tahun 2021," kata Menpora dalam keterangan persnya, Minggu (10/10).

"Jadi ingin saya tegaskan di sini mengenai yang tidak boleh menyelenggarakan kegiatan internasional, kita dilarang menggunakan nama Indonesia atau Lagu Indonesia Raya, Merah Putih, dan lain sebagainya itu sudah klir ya. Dengan pernyataan dari WADA bahwa mereka apresiasi dan menunggu hasil sampel dari Pekan Olahraga Nasional," pungkasnya.

Di sisi lain, Dorna Sports sepertinya tidak tertarik menanggapi sanksi yang dijatuhi WADA tersebut. Otoritas tertinggi di kejuaraan grand prix itu justru memberikan sanjungan terhadap keunggulan Sirkuit Mandalika.

Ini berkairan dengan keindahan di sekitar Sirkuit Mandalika, salah satunya aset menonjolnya yakni keindahan matahari terbenam. "Semakin dia sedikit sunset, viewnya langsung beda banget. Dan itu yang Dorna bilang, pemandangan sunset Sirkuit Mandalika adalah salah satu yang terbaik di dunia," kata Dyan Dilato selaku Kadiv Operasional MGPA.
(yov)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1433 seconds (10.101#12.26)