Bendera PBSI Gantikan Merah Putih di Piala Thomas, Netizen: Nyesek Banget!

Minggu, 17 Oktober 2021 - 23:28 WIB
loading...
Bendera PBSI Gantikan Merah Putih di Piala Thomas, Netizen: Nyesek Banget!
Bendera PBSI Gantikan Merah Putih di Piala Thomas, Netizen: Nyesek Banget!
A A A
AARHUS - Tim Thomas Indonesia berhasil mengalahkan China pada final Piala Thomas 2020, Minggu (17/10/2021). Sayang, tidak ada bendera Merah Putih yang berkibar pada upacara pemberian trofi.

Indonesia secara sensasional dapat merebut kembali titel Piala Thomas. Mereka sekarang berhasil mengalahkan sang juara bertahan, China dengan skor 3-0, setelah puasa setelah 19 tahun lamanya Indonesia tak lagi merasakan gelar Piala Thomas.



Hanya saja, bendera Merah Putih tidak berkibar ketika prosesi pemberian trofi dan pengalungan medali. Sebagai gantinya, Merah Putih digantikan dengan lambang PBSI selaku federasi yang membawahi tim Thomas Indonesia.

Tentunya kejadian ini terbilang sangat tak biasa. Keadaan ini menjadi pertama kalinya bendera pemenang Piala Thomas tak dikibarkan di atas podium. Padahal, bendera China selaku runner-up, serta Jepang dan Denmark yang merebut medali perunggu ditampilkan di panggung

Larangan pengibaran bendera Merah Putih ini berkaitan dengan permasalahan World Anti Doping Agency (WADA). Yang mana WADA menyebut Indonesia tak patuh dalam program uji tes doping.



Pada 15 September lalu WADA mengirim surat pada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) terkait ketidakpatuhan program uji doping. Indonesia tidak bisa memenuhi test doping plan (TDP) tahun 2020 dan juga belum memenuhi TDP untuk tahun 2021.

Sejumlah negara dikirimi surat dan punya waktu 21 hari untuk memberikan klarifikasi. Indonesia tidak memberikan klarifikasi, seperti halnya Thailand dan Korea Utara. WADA lalu melayangkan surat sanksi pada 7 Oktober.

Karena dianggap tak mematuhi aturan terkait doping, Indonesia pun mendapat sanksi. Salah satu hukumannya yakni tak diperbolehkan mengibarkan benderanya di kejuaraan regional, kontinental atau dunia.

Di media sosial, kejadian ini menuai respons beragam. Sebagian besar netizen menyayangkan Indonesia tidak bisa mengibarkan Merah Putih di moment istimewa seperti sekarang.

"Dis! Nyesek padahal udah pasti indonesia bisa naik podium tapi bendera Indonesia gabisa dikibarkan. Yuk Kemenpora di tunggu tindakannya." tulis pemilik akun Twitter @AREAJULID.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2536 seconds (0.1#10.140)