Jelang Pembukaan Peparnas XVI: Pengamanan Diperketat, Polda Papua Kerahkan 779 Personel

Kamis, 04 November 2021 - 17:02 WIB
loading...
Jelang Pembukaan Peparnas XVI: Pengamanan Diperketat, Polda Papua Kerahkan 779 Personel
Pengamanan upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua 2021 diperketat/foto/kemenpora.go.id
A A A
JAYAPURA - Pengamanan upacara pembukaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 diperketat demi kelancaran acara. Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kemal, menyatakan pihaknya akan mengerahkan 779 personel untuk mengamankan situasi.

Gelaran Peparnas XVI Papua 2021 diselenggarakan sejak 2 November hingga 15 November 2021. Namun, upacara pembukaan dilaksanakan Jumat (5/11/2021) di Stadion Mandala, Jayapura, Papua. Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin akan membuka ajang olahraga tersebut.



Jelang acara, pengamanan ketat pun akan dilakukan Polda Papua. Mengingat, Ma'ruf Amin, akan membuka ajang pesta olahraga atlet disabilitas tersebut. Wapres akan didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainuddin Amali.

“Anggota sudah kita siapkan, semuanya berjumlah 779 dari Polda maupun dari Polres di Papua, kemudian akan ditempatkan dari ring 1-4 pengamanan,” kata Kombes Pol Ahmad Mustofa Kemal, saat konferensi pers di Media Center Kominfo Peparnas Papua, dilansir dari InfoPublik.id, Kamis (4/11/2021).



Dia juga menyatak bahwa Polda Papua beserta jajarannya telah siap mengamankan kelancaran dari pembukaan Peparnas XVI. Pihaknya, telah melakukan serangkaian simulasi dalam mengamankan kegiatan pembukaan event ini.

Dari hasil simulasi tersebut, sudah terbentuk pola pengamanan yang akan dipergunakan dalam pengamanan Wapres maupun pejabat yang datang. Metode pengamanan akan dilakukan secara persuasif.

Artinya, personel yang menjaga acara pembukaan ini akan mengedepankan imbauan yang berkaitan berbagai aturan yang ada. Sehingga, masyarakat dapat mentaati setiap aturan yang diberlakukan dengan kesadarannya selama pembukaan berlangsung pada esok hari.

Pihaknya juga telah melakukan simulasi dalam pengerahan penonton saat pembukaan Peparnas. Di masing-masing pintu atau gate, setiap personel dipersiapkan untuk membantu mengerahkan ke tempat duduk sesuai dengan gelang yang dimiliki. Warna gelang ini menjadi penanda, di mana penonton akan duduk dalam pembukaan pesta olahraga penyandang disabilitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)