Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua 2021 Resmi Dibuka

Jum'at, 05 November 2021 - 19:17 WIB
loading...
Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua 2021 Resmi Dibuka
Sejumlah seniman membawakan tarian kolosal saat Upacara Pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym.
A A A
JAYAPURA - Pekan Paralimpik Nasional ( Peparnas ) XVI Papua 2021 resmi dibuka pada Jumat (5/11/2021). Peresmian ini dipimpin oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura.

“Ketika PON Papua presiden yang buka, saya yang menutup. Sebaliknya Peparnas ini saya yang buka presiden yang akan tutup. Ini baru hanya terjadi di tanah Papua! Papua Hebat,” ucap Maruf Amin.



“Kalau Torang Bisa, Ko juga bisa! Selamat berkompetisi bangun sportivitas yang tinggi untuk mencapai prestasi. Papernas Papua saya nyatakan dibuka,” lanjutnya.

Maruf Amin hadir langsung di stadion menggantikan Presiden Joko Widodo yang tidak dapat ke Papua. Jokowi masih dalam masa karantina.

Maruf Amin beserta sang istri memasuki bangku kehormatan dibalut aksesoris khas Papua yang melingkar di kepalanya. Mereka pun melambaikan tangan dan disambut dengan kemeriahan penonton yang hadir.

Sebagaimana diketahui, upacara pembukaan ini dihadiri oleh para penonton yang mengisi sebagian tribun Stadion Mandala Jayapura. Seluruh penonton itu terlihat tetap menjaga protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan memakai masker.

Acara diawali dengan video sambutan dari Presiden Joko Widodo secara virtual. Jokowi menyampaikan permintaan maaf karena tidak hadir langsung tapi tidak mengurangi kebanggaannya kepada para atlet dan tanah Papua.

Jokowi pun berharap penyelenggaran Peparnas XVI Papua 2021 ini berjalan lancar dan dapat mengulangi kemeriahan PON XX 2021 lalu. Jokowi pun menjanjikan akan hadir langsung pada upacara penutupan nanti.

Setelahnya menyanyikan Indonesia Raya yang dipimpin oleh penyanyi kawakan Anggun Cipta Sasmi bersama 150 anak Papua. Sesaat setelah lagu kebangsaan selesai dinyanyikan, saling bersautan kembang api bermacam warna dan bentuk menghiasi langit Papua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)