Atlet Muslim Yang Menolak Bertanding Lawan Atlet Israel, Timnas Indonesia Salah Satunya

Selasa, 09 November 2021 - 07:44 WIB
loading...
A A A
Abdalrasool dan Nourine yang sama-sama beragama Islam kompak mengundurkan diri dari Olimpiade 2020. Hal ini membuat mereka terancam sanksi berat dari Federasi Judo Internasional (IJF) karena dianggap melanggar nilai-nilai solidaritas yang dijunjung tinggi IJF.

Nourine dan Benikhef dianggap melakukan tindakan diskriminasi berdasarkan kepentingan politik dan agama. Hal ini ditujukan kepada Israel yang menjajah Palestina hingga saat ini yang dikecam oleh berbagai negara, terutama negara-negara mayoritas muslim.

3. Timnas Indonesia di Tahun 1957
Timnas sepak bola Indonesia pernah memiliki peluang besar untuk lolos Piala Dunia 1958 di Swedia. Tim nasional Indonesia harus melewati babak penyisihan terlebih dahulu. Namun, Indonesia harus melawan Israel di babak penyisihan Piala Dunia.

Karena berada 1 grup dengan Israel, Indonesia memilih mundur dari babak penyisihan. Indonesia dengan sikap tegasnya tidak mengakui Israel sebagai sebuah negara. Israel dianggap penjajah Palestina dimana Palestina adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Solidaritas Indonesia kepada Palestina membuat peluang masuk ke Piala Dunia 1958 di Swedia pun menghilang. Padahal di babak pertama kualifikasi Piala Dunia 1958, Indonesia bisa mengalahkan tim nasional China dengan agregat 5-4 dalam 2 pertandingan.



Tim nasional Indonesia pun tidak bisa lolos ke Piala Dunia 1958. Langkah ini juga diikuti oleh timnas Mesir dan Sudan. Mesir dan Sudan juga memusuhi Israel dan tidak mengakui Israel sebagai sebuah negara karena menjajah Palestina. Israel pun lolos otomatis ke Piala Dunia 1958.

Tim nasional Israel sendiri pun akhirnya berpindah ke benua Eropa untuk tim nasional sepak bolanya. Hal ini dikarenakan banyak negara di Asia yang tidak mau bertanding melawan Israel. Karena dengan bertanding melawan Israel, secara tidak langsung negara tersebut mengakui keberadaan negara tersebut.

Hingga saat ini, timnas Israel masih ikut benua Eropa jika ingin mengikuti kualifikasi Piala Dunia dan Piala Eropa. Namun, kualitas timnas Israel di Eropa masih kalah dengan timnas Eropa lainnya. Berbeda dengan ketika Israel masih ikut benua Asia untuk kualifikasi Piala Dunia, dimana mereka sering ditolak bertanding yang membuat mereka pindah ke bawah Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA).
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3956 seconds (0.1#10.140)