Jajal Sirkuit Mandalika, Rifat Sungkar Beberkan Karakter Semua Tikungan

Kamis, 11 November 2021 - 21:03 WIB
loading...
Jajal Sirkuit Mandalika, Rifat Sungkar Beberkan Karakter Semua Tikungan
Pembalap nasional, Rifat Sungkat mendapat kesempatan menjajal Sirkuit Mandalika yang akan menjadi venue World Superbike (WSBK) Indonesia 2021. Foto: twitter
A A A
LOMBOK - Pembalap nasional, Rifat Sungkat mendapat kesempatan menjajal Sirkuit Mandalika yang akan menjadi venue World Superbike (WSBK) Indonesia 2021. Momen itu dibagikan dalam kanal Youtubenya.

Baca Juga: Klarifikasi Kasus Bongkar Motor Ducati, MGPA: Pelaku Bukan Panitia

Menariknya, Rifat tak menjajalnya dengan motor balap. Namun, menggunakan motor matic kelas 150cc. Sebab, dia tidak mengejar catatan waktu melainkan hanya ingin menganalisa jenis-jenis tikungan di Mandalika dari sudut pandangnya sebagai pembalap.

Namun, Dia memberi penjesalan terlebih dahulu bahwa analisanya belum tentu sepenuhnya akurat. Tentunya, hal itu karena dia tak menggunakan motor berspesifikasi MotoGP atau motor kelas balap lainnya.

"Saya senang bisa bacain semua tikungan yang ada di Mandalika sesuai dengan keahlian saya sebagai pembalap. Pastinya belum tentu akurat karena motor yang dipakai bukan motor GP," kata Rifat.

Pada percobaannya, Rifat menjajal langsung dari titik start. Menurutnya, dari titik start terdapat trek lurus (straight) pertama sekitar 800 meter, dan diikuti tikungan pertama.

Usai tikungan pertama, dia menemukan trek lurus sekitar 200 meter menuju tikungan ganda yang sedikit mirip dengan lintasan Sirkuit Sentul.

"Lurusan pertama sekitar 800 meter, diikuti tikungan pertama yang gak sampai 90 derajat. Tikungan 2 dan 3 ini kalau di sentul mirip antara s gede dan s kecil," ujar Rifat.

Kemudian Rifat menyebut tikungan keempat memiliki karakter cepat. Setelah itu, pembalap akan langsung menemukan tikungan kelima jenis medium corner.

"Tikungan 5 ini medium corner, run off area lebar dan luas jadi nggak perlu angkat gas, karena masuk ke sektor high speed," tuturnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2220 seconds (11.252#12.26)