Akhir Pedih Jaap Stam di MU, Dibuang Sir Alex Ferguson di SPBU

Minggu, 14 November 2021 - 07:24 WIB
loading...
Akhir Pedih Jaap Stam di MU, Dibuang Sir Alex Ferguson di SPBU
Akhir Pedih Jaap Stam di MU, Dibuang Sir Alex Ferguson di SPBU. Foto: Kolase/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ironi. Kata itu sepertinya tepat untuk menggambarkan karier Jaap Stam di Manchester United . Pernah dipuja sebagai bek setangguh karang, faktanya pria Belanda itu didepak Sir Alex Ferguson.

Sungguh ironis karena pemecatan itu tidak terjadi di Old Trafford, markas MU yang tersohor seantero jagat. Fergie membuang Stam di sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).



Kelak Fergie menyesali pemecatan itu. Pelatih legendaris Setan Merah ini pun tak malu mengakui blundernya.

“Sesudah tiga kali meraih gelar juara Liga Primer, kami membuat kesalahan dengan melepas Jaap Stam. Saya pikir 16,5 juta poundsterling itu harga yang bagus dan tadinya saya percaya permainannya menurun sejak tumitnya dioperasi. Tapi saya salah,” kata Fergie dalam buku ‘Alex Ferguson: My Autobiography’, dikutip Minggu (14/11/2021).
Akhir Pedih Jaap Stam di MU, Dibuang Sir Alex Ferguson di SPBU

Dia menegaskan, keputusannya menjual Stam tidak terkait dengan buku autobiografi bek plontos yang kontroversial tersebut. Asal tahu, dalam bukunya, ‘Head to Head’, Stam mengungkap cara MU ke PSV Eindhoven untuk mendapatkannya sebagai pendekatan ilegal.

Manchester United murka atas tuduhan itu. Oleh media, pernyataan inilah yang dianggap sebagai pemicu Ferguson membuang pemain berjuluk Karang dari Kampen tersebut.

Meski menyebut pemecatan itu tak terkait buku Head to Head, Fergie mengakui dia langsung menelepon Stam setelah terbitnya buku tersebut.

“Apa yang kamu pikirkan?,” tanyanya. Namun keputusan telah dibuat. Tidak ada tempat lagi bagi Stam di Manchester United.

Setelah muncul tawaran dari AS Roma, minggu berikutnya datang dari Lazio. Semula Ferguson tak tertarik hingga tawaran mencapai 16,5 juta poundsterling.

Ketika itu Jaap Stam sudah berumur 30 tahun dan MU khawatir dengan pemulihannya dari cedera tumit. Tawaran itu pun dianggap masuk akal dan pantas untuk melepas bek kelahiran Kampen, Belanda, 17 Juli 1942 itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)