Starting XI Pemain Keturunan Indonesia yang Main Eropa

Rabu, 01 Desember 2021 - 20:30 WIB
loading...
Starting XI Pemain Keturunan Indonesia yang Main Eropa
Kelana Noah dan Elkan Baggott saat memperkuat Timnas Indonesia. Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Indonesia punya banyak pemain keturunan yang tersebar di Eropa. Kondisi ini membuat Timnas Indonesia sebetulnya punya prospek cemerlang jika talenta muda mampu dimaksimalkan.

Faktor historis dengan Belanda membuat ada cukup banyak pesepak bola keturunan Indonesia yang merumput di negeri Kincir Angin. Mereka umumnya punya darah Indo-Belanda dari para leluhur.



Tidak menutup kemungkinan ada pemain keturunan Indonesia lain yang tersebar di wilayah luar Belanda. Para pemain tersebut, jika dikumpulkan, bisa membentuk tim yang cukup menjanjikan.

KIPER

Di sektor penjaga gawang, ada nama Cyrus Margono yang bermain untuk klub Yunani, Panathinaikos. Cyrus Margono adalah pemain keturunan Indonesia-Iran yang lahir di New York, Amerika Serikat, 9 November 2001.

Dia bersekolah SMA di Sleepy Hollow, New York. Begitu lulus, Cyrus melanjutkan pendidikannya di University of Denver Athletics pada 2019.

Setelah bermain untuk tim sepak bola University of Denver Athletics selama setahun, Cyrus Margono pindah ke University of Kentucky (UK) Athletics sebelum akhirnya diboyong Panathinaikos.

BELAKANG

Di sektor belakang, bek kanan Blackburn Rovers, Joseph Simatupang, merupakan pemain keturunan Indonesia yang tidak boleh luput dari pengamatan. Lahir di Manchester, Inggris, 19 tahun silam, Joseph pernah menjajal kekuatan tim muda Liverpool, Manchester United, Chelsea, dan Manchester City.

Melangkah ke pemain lain, nama Shayne Pattynama yang bermain untuk klub Norwegia- Viking FK Stavanger, dan Kevin Diks yang memperkuat FC Copenhagen- Denmark, juga merupakan bek berdarah Indonesia. Mereka dapat membentuk kemitraan dengan Elkan Baggott (Ipswich Town) di lini belakang untuk membentuk tim impian.

TENGAH

Di sektor tengah, ada nama Khairul Imam Zakiri yang merumput bersama klub Spanyol, CP Villarrobledo. Nama tak asing lain yakni Brylian Aldama- yang juga cukup disorot setelah bergabung dengan tim Kroasia, HNK Rijeka. Kedua mantan pemain Timnas U-19 ini bisa membentuk kemitraan bersama Kelana Noah Mahesa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)