Indonesia vs Malaysia di Piala AFF: Hujan Gol hingga Dugaan Pengaturan Skor

Senin, 20 Desember 2021 - 05:29 WIB
loading...
A A A
Ketika di final, Indonesia kembali bertemu dengan Malaysia. Secara mengejutkan Indonesia kalah 0-3 dari tuan rumah Malaysia di leg 1 di Stadion Bukit Jalil. Safee Salii menjadi aktor utama di balik kekalahan Indonesia saat itu. Indonesia hanya mampu membalas kekalahan itu dengan kemenangan 2-1 di Stadion Gelora Bung Karno. Indonesia kalah agregat 2-4 yang membuat Malaysia juara Piala AFF 2010.

Beberapa tahun kemudian, muncullah isu yang tidak mengenakkan. Isu tersebut menyebut ada dugaan pengaturan skor di Piala AFF 2010. Hal itu dipicu oleh pihak kepolisian yang menangkap pelaku judi dan pengaturan skor di Indonesia.

Isu pengaturan skor yang menyebut Piala AFF 2010 sudah diatur membuat publik kembali mengingat final leg 1 di Malaysia. Publik pun ramai membahas kesalahan yang dilakukan Maman Abdurrahman yang berujung gol pertama Malaysia.



Maman sendiri sudah membantah bahwa ada pengaturan skor di pertandingan tersebut.Bantahan yang sama juga datang dari Hamka Hamzah. Hamka juga menerangkan bahwa gol Malaysia itu adalah murni kesalahan dia dan Maman dalam menjaga pertahanan Indonesia.

3. Indonesia vs Malaysia di Piala AFF 2020
Indonesia vs Malaysia kembali terjadi di Piala AFF 2020. Kemenangan 4-1 membuat Indonesia lolos sebagai juara grup dan Malaysia harus tersingkir dari Piala AFF 2020.Pertandingan berjalan seru karena Indonesia harus tertinggal dulu. Indonesia baru bisa membalikkan keadaan di pengujung babak pertama melalui 2 gol Irfan Jaya. Dua gol berikutnya dilesakkan oleh Pratama Arhan dan Elkan Baggott.

Pertandingan ini juga menjadi ajang pembuktian pemain yang bermain di Eropa baik di timnas Indonesia maupn Malaysia. Malaysia memiliki Dion Cools yang bermain di Mijtyland (Denmark). Dan Indonesia memiliki Elkan Baggott (Ipswich Town).Elkan Baggott membuktikan di pertandingan ini bahwa dia memiliki kontribusi lebih baik daripada Dion Cools. Elkan membawa Indonesia menyingkirkan Malaysia dari Piala AFF 2020 sekaligus mencetak gol perdananya bagi Indonesia.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3030 seconds (0.1#10.140)