Menang di Pengadilan, Novak Djokovic Tampil di Australia Open 2022?

Senin, 10 Januari 2022 - 17:43 WIB
loading...
Menang di Pengadilan, Novak Djokovic Tampil di Australia Open 2022?
Novak Djokovic berpeluang tampil di Grand Slam Australia Terbuka 2022 setelah menang di Pengadilan/Foto/thehill.com
A A A
MELBOURNE - Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic berpeluang tampil di Grand Slam Australia Terbuka 2022 setelah menang di Pengadilan. Hakim Australia memerintahkan pembebasannya dari penahanan imigrasi, Senin (10/1/2022).

Hakim Anthony Kelly menganggap keputusan pemerintah untuk mencabut visa Djokovic untuk memasuki Australia tidak masuk akal. Djokovic diperlakukan tidak adil setelah kedatangannya di bandara Melbourne untuk tampil di Australia Terbuka. DPadahal, dia telah diizinkan bermain dengan pengecualian vaksinasi.



Melansir dari Reuters, Senin (10/1/2022), Hakim Anthony Kelly memerintahkan Djokovic dibebaskan dalam waktu 30 menit. Lalu paspor serta dokumen pribadi petenis asal Serbia itu akan dikembalikan.

Kelly, yang sebelumnya dalam persidangan telah mengkritik interogasi selama berjam-jam terhadap Djokovic di bandara Melbourne, mengatakan baik wawancara maupun pembatalan visa tidak masuk akal. Pasalnya, petenis berusia 34 tahun itu tidak diberi cukup waktu untuk berbicara dengan penyelenggara tenis dan pengacara untuk menanggapi sepenuhnya.



Ya, nasib Djokovic ini memang menjadi sorotan publik mancanegara. Sebab, dia juga harus ditahan di sebuah hotel bersama para tahanan imigran lainnya sejak Kamis lalu karena masalah yang serupa.

Seperti kita tahu, Djokovic dianggap tidak memenuhi aturan untuk bisa memasuki Australia. Yang mana syarat tersebut adalah wajib vaksinasi Covid-19 secara penuh atau dua dosis. Sementara, dia dinilai tidak dapat memberi bukti yang valid mengenai bahwa dirinya tidak bisa mendapatkan vaksinasi.

Maka dari itu, Djokovic mengajukan banding agar tidak dideportasi dari Australia. Kuasa hukumnya pun mengklaim bahwa sang klien seharusnya diizinkan masuk karena baru terinfeksi Covid-19 pada Desember 2021. Atas dasar inilah seharusnya dia berhak masuk karena pengecualian medis sesuai dengan aturan pemerintah.

Tetapi, tentu dengan keputusan bahwa Djokovic telah dibebaskan merupakan kabar baik bagi para pendukungnya. Karena itu artinya, dia masih memiliki kesempatan untuk memenangkan rekor gelar Grand Slam ke-21 di Australia Open. Meskipun belum ada kabar lebih lanjut apakah Djokovic akan segera meninggalkan Australia atau tetap berusaha mempertahankan gelarnya di ajang tersebut.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2498 seconds (0.1#10.140)