7 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Pesantren, Nomor 6 Top Skor Liga Santri

Minggu, 30 Januari 2022 - 14:36 WIB
loading...
7 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Pesantren, Nomor 6 Top Skor Liga Santri
7 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Pesantren, Nomor 6 Top Skor Liga Santri/FK Senica/Sindophoto
A A A
Pemain Timnas Indonesia ternyata ada yang merupakan santri sebelum menjadi pemain sepak bola nasional. Setidaknya ada tujuh pemain Timnas Indonesia yang pernah menimba ilmu sebagai santri di pondok pesantren .

Tujuh pemain Timnas Indonesia yang menjadi santri adalah Evan Dimas, Nadeo Argawinata, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Dedik Setiawan, Muhammad Rafli Mursalim, dan Yadi Mulyadi. Dari tujuh pemain tersebut, lima orang di antaranya saat ini membela Timnas Indonesia senior.

1. Evan Dimas Darmono

7 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Pesantren, Nomor 6 Top Skor Liga Santri

Evan Dimas pernah belajar di Nahdlatul Ulama Shafta Lontar Citra

Nama Arek Suroboyo ini sangat dikenal penggemar sepak bola Tanah Air. Selain kalem pembawaannya, Evan Dimas jago menggocek bola. Namun, tahukah Anda, Evan Dimas dahulu pernah belajar di SMA Nahdlatul Ulama Shafta Lontar Citra, Surabaya.

Baca Juga: Jadwal Indonesia vs Timor Leste: Menanti Gol Bomber Garuda


Kini Evan Dimas menjadi bagian pemain Timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Prestasi Evan Dimas saat membawa Timnas U-19 juara Piala AFF. Di level senior, Evan Dimas baru saja mengantarkan Timnas Indonesia runner-up Piala AFF 2020.

2. Asnawi Mangkualam Bahar

7 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Pesantren, Nomor 6 Top Skor Liga Santri

Pemain Timnas Indonesia Asnawi pernah nyantri di Makassar.

Tidak heran jika Asnawi Mangkualam suka berzikir ketika sebelum memasuki lapangan. Ternyata, pemuda Makassar ini dulunya jebolan pesantren di Makassar, Sulawesi Selatan. Kebiasaan berzikir selalu dilakukan Asnawi sebelum pertandingan. Termasuk ketika viral Asnawi sedang berzikir sebelum Timnas Indonesia melawan . Asnawi juga melakukan zikir saat Timnas Indonesia dihukum penalti saat melawan Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

3. Nadeo Arga Winata

7 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Pesantren, Nomor 6 Top Skor Liga Santri

Nadeo Arga Winata pernah jadi santri di Kediri.

Kiper ganteng ini tidak hanya jago mengawal gawang Timnas Indonesia. Pemain berpostur tinggi ini di masa remaja ternyata seorang santri. Nadeo yang baru memiliki seorang anak ini pernah nyantri di Pondok Peantren Al Husna, Kediri. Nadeo juga menjadi salah satu santri berprestasi. Hebat, bukan?

4. Witan Sulaeman
Witan Sulaeman dikenal sebagai pemain dengan kepribadian sederhana. Tidak ada kesan sombong mesikpun kini Witan bermain di luar negeri bersama FK Senica.
Kepribadian sederhana sepertinya terpengaruh masa remajanya yang berguru di Pondok Pesantren Syekh Zainudin Abdul Makhjid Anjani di Lombok Timur, NTB. Kesederhanaan Witan juga sempat viral saat pulang kampung dari memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Dia tampak asyik duduk di bak belakang mobil pikap bersama teman-teman dan keluarganya.

5. Dedik Setiawan
Dedik Setiawan, striker Timnas Indonesia senior itu kini disorot netizen karena performanya kurang tajam. Ternyata, Dedik Setiawan yang kini membela Arema itu pernah menjadi santri di pondok pesantren Liang Gunung



6. Muhammad Rafli Mursalim
Muhammad Rafli Mursalim merupakan pemain Timnas U-19 yang kini bermain di Persija Jakarta. Siapa sangka, Rafli dahulu menjadi santri di pondok pesantren Al As'ariyah, Banten. Rafli pernah membela tim pondok pesantren Al-As'ariyah di Liga Santri Nasional 2016. Bahkan, Rafli menjadi top skor Liga Santri 2016. Tim yang diperkuat Rafli mampu lolos ke semifinal dan menempati peringkat 3.

7. Yadi Mulyadi

7 Pemain Timnas Indonesia Jebolan Pesantren, Nomor 6 Top Skor Liga Santri

Yadi Mulyadi jadi santri di Purwakarta.

Pemain berlabel Timnas Indonesia lainnya adalah Yadi Mulyadi. Pemain yang pernah membela Timnas U-16 asuhan Fakhri Husaini itu jebolan santri di pondok pesantren Raudlatut Tarbiyah Liunggunung, Plered,Purwakarta
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)