Ricuh, karateka DKI terkena lemparan kursi

Kamis, 13 September 2012 - 21:02 WIB
Ricuh, karateka DKI terkena lemparan kursi
Ricuh, karateka DKI terkena lemparan kursi
A A A
Sindonws.com - Suhu pertandingan di arena karate GOR Tribuana, Pekanbaru, memanas, Kamis (13/9). Setelah sehari sebelumnya, kontingen Jatim protes terkait keputusan wasit, kini giliran kontingen Jawa Tengah meradang. Bahkan kareteka DKI Jakarta sempat terkena pentalan lemparan kursi yang masuk dalam arena.

Kericuhan terjadi saat pertarungan pada perempat final kelas 55kg putra. Saat itu, dua karateka Jawa Tengah (Jateng) Imam Tauhid Raga Nanda bertarung lawan Tebing dari DKI Jakarta. Pertarungan berakhir 4-2 untuk kemenangan Tebing dari DKI Jakarta.

Namun, tiba-tiba pelatih karate Jateng Munginsidi mengamuk. Bukan hanya memaki, tapi juga langsung melampar kursi ke arena pertandingan. Masih belum puas, Munginsidi juga mengejar lantas mendorong wasit dan juri pertandingan.

Situasi ini memancing emosi kontingen Jateng yang ikut-ikutan masuk lapangan. Sementara itu, atlet dan penonton yang berada di tribun berteriak-teriak dan ada yang melempar botol air minum kemasan. "Wasit tidak fair, keputusannya tidak adil," teriak pendukung kontingen Jateng.
Sementara atlet dan pendukung KI Jakarta juga tidak mau kalah. "Kampungan, kampungan," balasnya.

Melihat situasi tak terkendali, polisi dan pihak kemanan turun ke lapangan. Ofisial tim lain juga membantu melerai aksi ricuh ini. Situasi akhirnya bisa dikendalikan, kendati pertandingan lainnya sempat terhenti. Setelah 15 menit ricuh, pertandingan lain akhirnya bisa dilanjutkan.

Anggota kontingen karate Jateng, Amin Siahaan mengatakan, seharusnya wasit mengambil keputusan secara fair dalam memimpin. Sehingga atlet dan kontingan tidak merasa dirugikan. "Keputusan harus fair dan jujur. Biarkan yang terbaik jadi pemenang dan juara. Selama itu dilakukan dan dijalankan, semuanya pasti enak," protesnya.

Sehari sebelumnya, kontingen Jawa Timur juga melakukan protes hasil final nomor kata beregu putri. Pasalnya, kubu Jatim merasa penilaian 5 wasit dan juri dianggap tidak obyektif. Sehubungan dengan kondisi itulah, "Kami telah melayangkan protes secara resmi. Protes kita telah diterima oleh dewan juri," terang Ketua Umum FORKI Jatim, Totok Lusida.

Dijelaskan Totok, mestinya di nomor kata beregu putri itu peluang Jatim untuk menyumbangkan emas sangat besar. Apalagi ini merupakan nomor andalan Jatim. Namun faktanya wasit dan juri memberikan keputusan dengan memenangkan Jawa Barat."Tadi peluang kita untuk dapat emas besar. Karena yang unggulan dari DKI sudah kalah. Silakan dilihat rekaman videonya, bagaimana kondisinya tadi. Ada apa ini kok 5 wasit dan juri memenangkan Jabar," protesnya.

Terkait protes yang dilayangkan oleh kubu Jatim, Dewan Wasitpun langsung menskorsing 5 juri yang menilai pertandingan tersebut. "Para jurinya sudah dikorsing. Namun kita juga minta skorsingnya tidak hanya dipertandingan tadi, namun di semua pertandingan," tandasnya.

Imbasnya kata beregu Jatim hanya berhasil mempersembahkan perunggu. Sebelumnya karate Jatim sudah menyumbang satu emas di nomor kumite atas nama Angga, " Mestinya kita yang dapat emas. Ini yang kita proyeksikan untuk dapat emas," tambah Johanes Kunto, Manager Karate Jatim.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4660 seconds (0.1#10.140)