Inilah 4 Petinju Terbaik Ukraina yang Mengguncang Jagat Tinju

Rabu, 09 Maret 2022 - 13:37 WIB
loading...
Inilah 4 Petinju Terbaik Ukraina yang Mengguncang Jagat Tinju
Inilah 4 Petinju Terbaik Ukraina Guncang Jagat Tinju/The Sun
A A A
Empat petinju terbaik Ukraina yang mengguncang jagat tinju dunia akan tercatat dalam sejarah setelah menjadi juara dunia. Vitali Klitschko, Wladimir Klitschko, Oleksandr Usyk dan Vasiliy Lomachenko menjadi petinju Ukraina yang ditakuti di kelasnya masing-masing.

Vitali Klitschko dan Wladimir Klitschko tercatat pernah menjadi raja kelas berat di era kejayaannya. Kejayaan duo Klitcshko di kelas berat kini diteruskan Oleksandr Usyk yang menjadi juara dunia. Sedangkan Vasiliy Lomachenko pernah menjadi raja kelas ringan. Berikut 4 petinju terbaik Ukraina yang mengguncang jagat tinju :

1. Vitali Klitschko
Vitali Klitschko adalah petinju pertama Ukraina yang menjadi juara dunia kelas berat pada 1999. Vitali mengharumkan nama Ukraina setelah menaklukkan Herbie Hide di London Arena, Inggris pada 26 Juni 1999.
Vitali yang memiliki postur 201 cm merebut sabuk juara kelas berat WBO dalam pertarungan yang dijadwalkan 12 ronde. Vitali yang kini berusia 50 tahun menang KO ronde 2 atas Herbie Hide.



Sayang, Vitali tidak sampai setahun menikmati gelar juara dunia setelah kehilangan sabuk juaranya. Vitali harus menyerah kepada Chris Byrd karena mengalami ceedra bahu yang membuat sabuk juara WBO menjadi milik Chris Byrd dalam duel 1 April 2000.

Vitali harus berjuang dari Eropa untuk kembali menjadi juara dunia kelas berat saat melawan Corrie Sanders. Vitali menjadi raja kelas berat WBC dengan mengalahkan Sanders melalui kemenangan TKO ronde 8 pada 24 April 2004.

Vitali mengakhiri kariernya dengan status juara setelah menaklukkan Mahmoud Charr pada 8 September 2012. Vitali menang TKO ronde 4 untuk mempertahankan sabuk WBC. Setelah pensiun dari tinju, Vitali terjun ke dunia politik dengan terpilih menjadi wali kota Kiev, Ukraina. Petinju kelahiran Belovodskoye, Kyrgyzstan itu kembali terpilih sebagai wali kota hinga pecahnya perang Rusia vs Ukraina.

Vitali berdiri di garis terdepan mengangkat senjata melawan invasi Rusia bersama atlet Ukraina lainnya. Bahkan, Vitali mengaku telah banyak membunuh tentara Rusia yang kocar-kacir dalam pertempuran mempertahankan ibu kota Kiev.

2. Wladimir Klitschko
Wladimir Klitschko adalah adik kandung Vitali klitschko yang pernah menjadi raja kelas berat. Wladimir yang kini berusia 45 tahun pernah mendominasi kelas berat di Eropa selepas meraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996.

Empat tahun setelah merebut medali emas Olimpiade, Wladimir menghentak dunia ketika menjadi juara dunia kelas berat WBO. Wladimir menaklukkan Chris Byrd dengan kemenangan angka pada 14 Oktober 2000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2254 seconds (0.1#10.140)