Desain Unik Medali SEA Games 2021, Panpel Sediakan 4.000 Keping

Selasa, 26 April 2022 - 11:05 WIB
loading...
Desain Unik Medali SEA Games 2021, Panpel Sediakan 4.000 Keping
Penyelenggara SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam menyiapkan sebanyak 4000 keping medali. Terdapat keunikan tersendiri dari bentuk dan desainnya. Foto: vnexpress
A A A
HANOI - Penyelenggara SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam menyiapkan sebanyak 4000 keping medali. Terdapat keunikan tersendiri dari bentuk dan desainnya.

Baca Juga: Harus Pisah Selepas Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022, Ribka/Fadia Merasa Sedih

Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu akan berlangsung pada 12 - 23 Mei 2022. Sebanyak 40 cabang dan 526 kategori akan berkompetisi di 11 provinsi dan kota.

Nantinya, atlet masing-masing cabang olahraga akan mendapatkan medali emas, perak dan perunggu. Medali-medali itu terbuat dari campuran tembaga-seng.

Dalam laman Vnexpress disebutkan, mayoritas komponen medali atau sebanyak 85 persen merupakan tembaga merah. Setiap medali setebal lima milimeter yang memiliki motif maskot SEA Games tahun ini, Saola, corak timbul lainnya.

Logo pada medali, menggunakan desain tangan berbentuk V yang juga terlihat seperti burung. Hoang Xuan Hieu, pencipta logo tersebut, mengatakan bahwa karyanya mewakili kedamaian serta kebanggaan saat para atlet meletakkan tangan mereka di dada dan memandang ke arah bendera nasional.

Burung biru adalah simbol dari semangat pantang menyerah. Menggambarkan keinginan menaklukkan dan persahabatan di Asia Tenggara.

Medali emas akan dilapisi dengan lapisan emas 24 karat. Demikian pula medali perak akan berlapis perak dan medali perunggu berlapis perunggu.

Selain itu, untuk meningkatkan daya tahan, setiap medali akan dilapisi dengan tiga lapis di bagian dalam dan satu lapis lagi di bagian luar. Sedangkan strip medali tidak terbuat dari sutra atau satin seperti medali lainnya, tetapi dari kain tenun.

Dalam lama lain, khusus untuk tim tuan rumah bukan cuma mendapat medali. Mereka juga mendapatkan uang tunai sesuai jenis medali yang mereka dapat.

Baca Juga: Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 Tak Sediakan Prize Money

Khusus untuk pemenang medali emas akan mendapatkan uang tunai sebesar 10 juta Dong Vietnam atau sekitar Rp6,3 juta. Perak sebesar 7 juta Dong, dan perunggu 5 juta Dong.
(mirz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2187 seconds (11.97#12.26)