Mengintip Eksotisme Kota Hanoi Tuan Rumah SEA Games 2021

Rabu, 18 Mei 2022 - 19:43 WIB
loading...
A A A
Salah satunya, sektor Pusat Benteng Kekaisaran Thang Long yang dibangun pada abad ke-11 dan ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 2010. Hanoi dikenal dengan bangunan sejarah bergaya Prancis dan China.

Kota ini sudah terkenal di kalangan turis yang mempunyai konsep liburan backpacking. Tidak saja menawarkan gaya hidup dengan biaya yang tak terlalu mahal, Hanoi juga memberikan suasana yang terasa lebih tenang ketimbang Ho Chi Minh City. Kota Ho Chi Minh merupakan kawasan yang juga populer sebagai tujuan wisata dan mempunyai konsep yang lebih modern.

Hanoi bisa dijadikan referensi bagi mereka yang menyukai galeri seni. Selain itu, pengunjung dapat pula menikmati suasana di Danau Hoan Kiem yang serba asri. Sikap masyarakat Hanoi terbilang santun karena mereka menjunjung nilai budaya.

Banyak ditemukan jajanan kaki lima hingga restoran mewah, baik di Hanoi maupun Ho Chi Minh City. Jika Hanoi dikenal sebagai surga untuk menu sup, maka Ho Chi Minh City lebih dikenal sebagai pusat jajanan yang serba manis.

Keberadaan bar banyak ditemui di Hanoi. Sementara di Ho Chi Minh City, kedai kopi sangat mudah didapati. Sebagaimana layaknya kota besar, Hanoi juga menawarkan kehidupan malam. Terdapat beragam pilihan yang bisa dituju, mulai dari kelab malam hingga bar. Kehidupan malam di Hanoi berpusat di Old Quarter. Di Old Quarter ini, banyak terdapat bangunan kuno yang eksotis.

Masyarakat lokal serta turis biasa duduk menikmati minuman alkohol di bar yang bernuansa rumah yang buka di setiap gangnya. Salah satu ciri khas Hanoi adalah rumah serta bangunannya didirikan meninggi ke atas.
Hal ini lantaran pajak properti didasarkan pada lebar bangunan. Maka dengan lebar bangun yang ukurannya kecil, artinya lebih kecil pula pajak properti yang harus dibayarkan.

Mengunjungi Hanoi pada saat perhelatan SEA Games 2021 kini, tak perlu bingung mencari moda transportasi jika ingin jalan-jalan di kota. Pasalnya, beberapa waktu lalu, Hanoi meluncurkan bus listrik bagi pengunjung.

Bukan hanya memberi kemudahan, bus listrik ini juga sebagai sarana memperkenalkan sejarah dan budaya Vietnam yang tampak pada arsitektur bangunan, makanan, serta kerajinan lokal. Produk lokal banyak ditemukan di Hanoi, mulai dari kerajinan tangan, kain sutra, hingga perhiasan, yang dapat dijadikan oleh-oleh di tengah ketatnya persaingan SEA Games 2021.

Baca pembahasan mengenai Momentum SEA Games 2021 selengkapnya di Okezone.com melalui link berikut https://www.okezone.com/tag/sea-games-2021
(sto)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)