Inilah Sejarah Ring Tinju yang Mengubah Wajah Tinju Dunia

Senin, 23 Mei 2022 - 10:12 WIB
loading...
Inilah Sejarah Ring Tinju yang Mengubah Wajah Tinju Dunia
Inilah Sejarah Ring Tinju Dunia yang Mengejutkan/The Sun
A A A
Sejarah ring tinju dunia yang jarang diketahui publik. Mengapa ring tinju sekarang berbentuk persegi setelah tradisi kuno dihapus ratusan tahun yang lalu. Penggemar tinju sering bertanya-tanya mengapa petinju bersaing di ring persegi, bukan ring melingkar.

Disebut sebagai lingkaran kuadrat, rinju tinju itu telah berubah secara dramatis selama bertahun-tahun sejak awal mula olahraga ini. Petarung zaman dulu bersaing satu sama lain dalam lingkaran yang ditarik secara kasar di tanah ratusan tahun yang lalu.



Penonton biasa berkerumun di sekitar lingkaran untuk menonton kontes tangan kosong, di mana mereka membentuk lingkaran di sekitar petinju. Saat ini, tidak ada sarung tangan atau wasit, dengan kedua pria itu sering terlibat dalam taktik perkelahian jalanan.

Ini adalah format sampai 1734 ketika petinju Inggris telanjang-buku jari Jack Broughton datang dengan set pertama aturan modern. Ring melingkar di mana kemudian diperkenalkan, dengan penggemar berkumpul di luar untuk melihat petinju dari dekat.

Aturan Broughton termasuk tidak memukul di bawah sabuk, tidak ada pukulan ketika pesaing berada di tanah dan seorang petinju diberi waktu 30 detik untuk pulih jika dia telah mengenai kanvas. Dorongan ini muncul setelah lawan Broughton George Stevenson meninggal setelah menderita cedera parah beberapa hari setelah pertarungan mereka.

Ini akan memakan waktu sampai hampir satu abad kemudian pada tahun 1838 ketika Masyarakat Pugilistik merevisi aturan. Aturan Broughton digantikan oleh Aturan Ring Hadiah London, yang melihat ring kuadrat pertama diperkenalkan, terdiri dari delapan pasak dan tali.

Ini didirikan untuk menjaga penonton di pinggir ring dan pada jarak yang aman dari para petinju. Desain persegi juga lebih mudah daripada membangun ring melingkar itu, dengan memberikan fleksibilitas dan dukungan yang lebih baik.



Dan meskipun sekarang bukan ring tradisional, istilah itu begitu mendarah daging sehingga tetap ada setelah desain melingkar dihapus. Aturan London akhirnya diperbarui dan ditingkatkan pada tahun 1867 oleh John Graham Chambers dengan proposalnya tentang 'Aturan Marquess of Queensberry'.

Perubahan ini membuat petinju diharuskan mengenakan sarung tangan empuk, dan juga memperkenalkan ronde tiga menit, istirahat satu menit di antara ronde, dan petarung harus bangkit dalam waktu sepuluh detik setelah dijatuhkan atau kalah dalam pertandingan.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)