Biodata dan Agama Nonito Donaire, Juara Tertua yang Menggemparkan

Jum'at, 03 Juni 2022 - 08:47 WIB
loading...
A A A
Ayah Donaire adalah seorang petinju amatir yang berkompetisi di AS pada awal 1990-an. Kakek dari pihak ayah lahir di Hawaii, dan ini memberi Donaire kewarganegaraan Amerika di bawah prinsip jus Sanguinis. Pada tahun 1993, pada usia sebelas tahun, Donaire bergabung dengan ayahnya di Van Nuys, California. Mereka kemudian tinggal di San Leandro, California. dan San Mateo County, California.

Donaire mengatakan bahwa selama masa kecilnya dia menginginkan perhatian lebih dari orang tuanya dan, setelah saudaranya mulai bertinju, perhatian itu diberikan kepadanya. Inilah alasannya memasuki olahraga tinju pada usia sebelas tahun meskipun dia tidak menikmatinya.

Ayahnya mendukung pilihannya karena dia merasa hal itu akan menjauhkan Donaire dari jalanan. Selama masa muda mereka, Donaire dan Glenn akan berdebat. Donaire juga menonton video pahlawannya, Alexis Argüello, dan dari video tersebut ia belajar melempar hook kiri yang kuat.

Saat mendaftar di San Lorenzo High School di San Lorenzo, California, Nonito dan Glenn memenangkan beberapa kejuaraan tinju amatir regional dan distrik. Dalam pertarungan amatir pertamanya, Nonito mengalahkan lawannya dengan pukulan lurus, sambil berpikir bahwa "Saya akan membunuhnya sebelum dia membunuh saya."

Saat amatir, Donaire memenangkan tiga kejuaraan nasional AS: National Silver Gloves (1998), National Junior Olympics (1999) dan National USA Tournament (2000). Dia juga memenangkan medali emas Olimpiade Internasional Junior 1999. Rekor amatir Donaire adalah 68 – 8 dengan 5 technical knockout (TKO).[24]

Pada tahun 2001, Donaire dan saudaranya menjadi petinju profesional. Mereka menandatangani kontrak dengan seorang promotor, Jackie Kallen. Donaire dibayar gaji bulanan sebesar USD1.500. Pada tahun 2001, setelah keputusan kontroversial, Donaire kalah dalam pertarungan keduanya melawan Rosendo Sanchez. Ini membuatnya bersemangat untuk memenangkan pertarungannya yang dia lakukan hingga April 2013.

Setelah empat pertarungan profesional, Donaire dan saudaranya meninggalkan kontrak mereka dengan Kallen dan kembali ke Manila dan kemudian ke San Leandro, di mana ada sedikit gangguan. Pada tanggal 9 September 2002, di Guam, Donaire memenangkan gelar regional pertamanya, gelar kelas terbang WBO Asia Pasifik yang kosong.

Dia mengalahkan Kaichon Sor Vorapin di ronde kedua. Pada 20 Januari 2006, Donaire memenangkan gelar regional keduanya, gelar kelas terbang super NABF, dengan mengalahkan Kahren Harutyunyan melalui split decision (SD) di ShoBox. Pada tanggal 7 Juli 2007, Donaire memenangkan gelar kelas terbang IBF dan IBO dengan satu pukulan, KO ronde kelima (KO) dari Vic Darchinyan yang saat itu tak terkalahkan. Kemenangan ini dianugerahi "Knockout of the Year" dan "Upset of the Year" dari Ring Magazine.

Pada tanggal 31 Juli 2007, Donaire bertemu dengan Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo. Donaire mengatakan pengalaman itu, "perasaan yang luar biasa. Itu tak terlukiskan. Saat saya menaiki tangga dan dia ada di sana dan ketika saya melihat itu adalah saat ketika saya bahkan tidak bisa melihat wajahnya. Itu adalah pengalaman yang luar biasa. kehormatan."

Kemudian, pada tanggal 1 Desember 2007, Donaire membuat pertahanan pertama gelar IBF dan IBO-nya melawan Luis Maldonado dari Meksiko, menang melalui technical knockout (TKO) di ronde kedelapan. "Saya kira validasi saya tetapi saya tidak merasa yang terbaik; saya merasa lamban. Saya tidak memiliki kaki saya. Saya tidak tahu apa masalahnya. Saya tidak bisa bergerak dengan baik jadi saya mencoba mengandalkan gerakan tubuh bagian atas saya."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)