alexametrics

Petinju Australia Andrew Moloney Kehilangan Gelar Dihajar Joshua Franco

loading...
Petinju Australia Andrew Moloney Kehilangan Gelar Dihajar Joshua Franco
Satu-satunya juara dunia tinju asal Australia Andrew Moloney (kiri) gagal mempertahankan gelar juara kelas terbang super setelah dibungkam Joshua Franco/Foto/boxingscene.com
A+ A-
LAS VEGAS - Satu-satunya juara dunia tinju asal Australia Andrew Moloney gagal mempertahankan gelar juara kelas terbang super setelah dibungkam Joshua Franco (Amerika Serikat). Moloney dikalahkan dengan keputusan bulat dalam pertarungan 12 ronde di MGM Grand Arena, Las Vegas, Nevada, Selasa (23/6/2020) malam waktu lokal atau Rabu (24/6/2020) pagi WIB.

Ini merupakan pertarungan terbesar Moloney sepanjang kariernya. Petinju berusia 29 tahun itu memulai laga dengan penuh antusiasme untuk mempertahankan gelar WBA-nya. (Baca juga: Cerita Dean Byrne Ungkap Perseteruan Manny Pacquiao vs Amir Khan).

Namun, Franco berada dalam puncak penampilannnya. Pertarungan berbalik di ronde ke-10 ketika Franco menggedor Moloney dengan kombinasi yang menghasilkan luka di mata kiri petinju Australia tersebut. Franco yang tidak diunggulkan justru di atas angin ketika di ronde ke-11 mendominasi dan menjatuhkan Moloney dengan pukulan ke kepala.

Sebelumnya Moloney difavoritkan dengan 9-1 pada Senin (22/6/2020), tetapi Franco yang gigih mencetak poin besar di ronde ke-11, dan mengungguli Moloney dengan hasil tiga juri memenangkan dirinya, Julie Lederman (115-112), Dave Moretti (114-113) dan Patricia Morse Jarman (114-113). (Baca juga: Ditangani Bekas Pelatih Tyson Fury, Keuntungan untuk Joshua?).



Menurut BoxingScene, seandainya Franco (17-1-2, 8 KO) tidak menjatuhkan Moloney (21-1, 14 KO) di awal babak ke-11, pertarungan mereka saja menghasilkan hasil imbang.

"Perasaan yang bagus," kata Franco kepada Bernardo Osuna dari ESPN. "Tapi saya masih belum menyadari ini nyata. Saya tidak percaya. Saya seorang juara dunia. Saya bekerja sangat keras untuk ini. Saya tahu semua kerja keras akan membuahkan hasil pada akhirnya." (Baca juga: Juara WBA Terlupakan asal Suriah Manuel Charr: Aku Mau Tyson Fury).



Franco menjadi juara kedua WBA di divisi terbang super. Roman "Chocolatito" Gonzalez (49-2, 41 KO) merupakan juara "super" WBA di kelas 115 pounds ini. Namun yang pasti kemenangan ini menjadi prestasi puncak Franco setelah kekalahan mengejutkan TKO di ronde kesembilan dari Lucas Fernandez pada 24 Maret 2018.

Pertarungan Moloney vs Franco digelar tanpa penonton, dan menjadi bagian dari tiga pekan pertarungan yang diselenggarakan oleh promotor tinju Top Rank Bob Arum.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak