Kalah di CAS, Rusia Cari Keadilan di Mahkamah Agung Federal Swiss

Senin, 18 Juli 2022 - 15:04 WIB
loading...
Kalah di CAS, Rusia Cari Keadilan di Mahkamah Agung Federal Swiss
Timnas Rusia dilarang tampil di ajang sepak bola Eropa dan Internasional/Foto/uefa.com
A A A
LAUSANNE - Pengadilan Arbitrase Olahraga ( CAS ) menolak banding Federasi Sepak Bola Rusia (FUR) dan sejumlah klub Rusia terkait larangan mereka bermain di sepak bola Eropa dan Internasional. Dengan demikian, sepak bola Rusia tetap terlarang mengikuti event-event sepak bola regional dan dunia.

Penolakan banding karena konflik Rusia-Ukraina masih berlangsung. Seperti diketahui, seluruh hal yang terkait Rusia, termasuk sepak bola dilarang hampir di seluruh dunia.



Pelarangan ini buntut dari invasi Rusia ke Ukraina pada akhir Februari 2022 silam. Hingga saat ini, konflik masih berlangsung.

Melihat kondisi tersebut, FUR tidak tinggal diam, mereka mengajukan banding kepada CAS. Namun, penolakan dari berbagai negara, membuat FUR dan sejumlah klub Rusia gigit jari.



Tidak hanya itu, saat ini banding yang diajukan FUR dan sejumlah klub Rusia seperti Zenit Saint Pertersburg, Sochi, CSKA Moscow, dan Dynamo Moscow ditolak. CAS menyatakan mereka akan tetap melarang Rusia bertanding di turnamen sepak bola.

“Panel menentukan bahwa eskalasi konflik antara Rusia dan Ukraina, dan tanggapan publik dan pemerintah di seluruh dunia, menciptakan keadaan yang tidak terduga dan belum pernah terjadi sebelumnya yang harus ditanggapi oleh FIFA dan UEFA,” tulis pernyataan resmi CAS, dikutip dari Inside World Football, Senin (18/7/2022).

“Dalam menentukan bahwa tim dan klub Rusia tidak boleh berpartisipasi dalam kompetisi di bawah naungan mereka sementara keadaan seperti itu tetap ada, panel menyatakan bahwa kedua belah pihak bertindak dalam ruang lingkup kebijaksanaan yang diberikan kepada mereka berdasarkan undang-undang dan peraturan masing-masing,” sambung pernyataan itu.

“Panel merasa disayangkan bahwa operasi militer saat ini di Ukraina, di mana tim sepak bola Rusia, klub, dan pemain tidak bertanggung jawab, dengan alasan keputusan FIFA dan UEFA, memiliki efek buruk seperti itu. pada mereka dan sepak bola Rusia pada umumnya, tetapi efek itu, dalam pandangan Panel, diimbangi oleh kebutuhan akan penyelenggaraan acara sepak bola yang aman dan teratur untuk seluruh dunia,” tambah pernyataan itu.

Setelah gagal di Pengadilan Arbitrase Olahraga, FUR dan sejumlah klub Rusia akan tetap berjuang. Mereka akan melanjutkan banding ke Mahkamah Agung Federal Swiss untuk mempertimbangkan keputusan CAS.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)