Angkat Pariwisata Lokal, Mandiri Jogja Marathon 2022 Hadirkan 6.000 Peserta

Kamis, 11 Agustus 2022 - 19:02 WIB
loading...
Angkat Pariwisata Lokal, Mandiri Jogja Marathon 2022 Hadirkan 6.000 Peserta
(Ki-Ka) Race Director Pandara Sports Andreas Kansil, Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta Singgih Raharjo dan VP Corporate Communication Bank Mandiri Ricky Andriano dalam konferensi pers pre-event Mandiri Jogja Marathon 2022 di Yogyakarta, K
A A A
JAKARTA - Sebanyak 6.000 peserta siap mengikuti ajang Marathon berskala internasional bertajuk Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2022. Ajang yang mempertandingkan kategori Marathon (42.195 Km), Half Marathon (21 Km), 10 Km dan 5 Km ini digelar di jantung pariwisata Yogyakarta atau di kawasan Prambanan pada 14 Agustus 2022.

Dalam MJM 2022 ini, Bank Mandiri bersama dengan Pemerintah Provinsi Yogyakarta turut berupaya untuk mengangkat serta mempromosikan kekayaan budaya dan produk lokal. Melalui langkah ini, diharapkan dapat memacu pengembangan pariwisata dan perekonomian di Yogyakarta dan sekitarnya, khususnya pada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Sebagai upaya untuk mengoptimalkan hal tersebut, event ini juga menggandeng berbagai instansi lokal mulai dari Pemerintah Kabupaten Sleman, Kepolisian Daerah Yogyakarta serta PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Ricky Andriano selaku VP Corporate Communication Bank Mandiri menjelaskan, kolaborasi ini menjadi kunci penting untuk mendukung kelancaran acara, termasuk pengaturan lalu lintas sehingga tetap menjaga aktifivitas masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Juara Dunia Muay Thai Nong-O Gaiyanghadao Janjikan Pertarungan Berdarah

"Tujuan besar dari Mandiri Jogja Marathon 2022 adalah agar pariwisata Indonesia khususnya di Yogyakarta bisa semakin tumbuh dan memantik roda perekonomian agar lebih berjalan maksimal. Diharapkan, hal ini juga dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi ke arah positif," ujar Ricky, Kamis (11/8/2022).

Lebih lanjut, Ricky menambahkan pelari yang mengikuti lomba lari marathon ini sebagian besar berasal dari wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar di Indonesia. Termasuk beberapa warga negara asing (WNA) ekspatriat dari berbagai negara seperti Malaysia, Jepang, Australia, India, Brazil, dan Singapura.

Pelaksanaan kegiatan MJM 2022 ini juga telah menerapkan protokol kesehatan ketat. Antara lain dengan mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. "Dalam perhelatan Jogja Marathon 2022, sejak awal aspek kesehatan dan keselamatan peserta telah menjadi prioritas kami. Tak hanya itu, MJM 2022 kali ini juga telah mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Satgas Covid-19 mulai sejak awal," imbuhnya.

BACA JUGA: Anthony Ginting Berpeluang Bentrok Viktor Axelsen di Kejuaraan Dunia, Netizen: Jodoh

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo menambahkan, pihaknya juga telah bekerjasama dengan berbagai instansi untuk memastikan kelancaran acara. Termasuk menggandeng beberapa merchant UMKM lokal untuk ikut bersama-sama meramaikan ajang perlombaan marathon.

"Tidak hanya peserta, pada event ini kami juga ingin memperkenalkan kearifan lokal serta budaya Yogyakarta kepada para wisatawan, penonton dan pihak-pihak lain untuk ikut memeriahkan ajang MJM 2022 kali ini," ujar Singgih.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1846 seconds (10.177#12.26)