Carlos Alcaraz Usia 19 Tahun Petenis Nomor 1 Dunia Termuda Akhiri Era Big 3

Kamis, 15 September 2022 - 08:45 WIB
loading...
Carlos Alcaraz Usia 19 Tahun Petenis Nomor 1 Dunia Termuda Akhiri Era Big 3
Carlos Alcaraz Usia 19 Tahun Petenis Nomor 1 Dunia Termuda Akhiri Era Big 3/The Sun
A A A
Carlos Alcaraz di usianya 19 tahun menahbiskan diri menjadi petenis putra nomor 1 dunia termuda sepanjang masa setelah memenangkan Grand Slam AS Terbuka. Setelah Carlos Alcaraz naik takhta menjadi petenis nomor 1 dunia ATP maka berakhir sudah era Big 3 Roger Federer, Novak Djokovic, Rafael Nadal yang mendominasi tenis dalam dua dekade.

Sejarawan olahraga mungkin suatu hari nanti menentukan AS Terbuka ini sebagai momen ketika Tiga Besar Roger Federer, Novak Djokovic dan Rafa Nadal akhirnya disusul oleh kebangkitan generasi berikutnya petenis putra yang tak terhindarkan. Dan pemimpin era baru ini adalah seorang remaja Spanyol yang luar biasa yang dengan empati mengangkat kejuaraan besar pertamanya – sekaligus juga menjadi nomor satu dunia laki-laki termuda yang pernah ada di dunia tenis.



Sejak ia muncul sebagai pemain profesional berusia 16 tahun pada Februari 2020, banyak ahli memperkirakan Alcaraz akan menjadi juara besar potensial di beberapa titik dalam kariernya. Tapi sepertinya dia akan mengejutkan semua pengamat yang cerdik itu dengan mencapai prestasi itu hanya dalam penampilan Slam undian utama kedelapannya.

Kemenangan 6-4, 2-6, 7-6, 6-3 yang mendebarkan dan menghibur atas Casper Ruud menyenangkan 24.000 penggemar di bawah atap Stadion Arthur Ashe, yang sering memberikan tepuk tangan meriah untuk kedua jagoan sebagai pengakuan atas permainan tenis yang luar biasa.

Pada usia 19 tahun, Alcaraz adalah remaja pertama yang menduduki peringkat teratas dunia ATP – dan remaja pertama yang mengangkat gelar putra AS Terbuka sejak juara 1990 Pete Sampras. Setelah kemenangannya, pembalap Spanyol itu menghapus air mata dan berkata: ''Ini adalah sesuatu yang saya impikan sejak saya masih kecil. Untuk menjadi peringkat 1 dunia, menjadi juara Grand Slam, saya telah bekerja sangat keras untuk ini. Ada banyak emosi saat ini. Ini adalah sesuatu yang saya coba capai, semua kerja keras yang saya lakukan dengan tim dan keluarga saya.''

“Ini benar-benar spesial bagi saya. Ibu dan kakek saya tidak ada di sini. Saya berpikir tentang mereka. Banyak keluarga di sini tetapi ada orang yang tidak bisa datang untuk menonton final. Aku sedang memikirkan mereka. Aku sedikit lelah. Tapi tidak ada waktu untuk lelah di babak final setiap turnamen. Anda harus memberikan segalanya di dalam. Itu adalah sesuatu yang saya kerjakan dengan sangat keras,”tuturnya.

Seperti yang dia tunjukkan awal tahun ini di Madrid ketika dia mengalahkan Nadal dan Djokovic di ronde berturut-turut, Alcaraz memiliki alat untuk memenangkan beberapa turnamen di level tertinggi – asalkan, tentu saja, dia tetap fit dan bebas cedera.
Menjelang final ini – yang berlangsung pada peringatan 21 tahun serangan teroris 9/11 di New York – Alcaraz telah menghabiskan rekor 20 jam dan 19 menit pertempuran di lapangan.

Entah bagaimana dia berhasil menyingkirkan Jannik Sinner dari Italia di perempat final meski menyelamatkan satu match point dan pertandingan berakhir pada pukul 2.50 pagi. Gaya permainannya yang energik dan kepribadiannya yang menarik membuat sebagian besar pendukungnya, beberapa di antaranya berasal dari komunitas Hispanik, mendukungnya untuk sukses.

Dan meskipun mantan bintang tenis Pam Shriver mengklaim bahwa dia telah melihatnya lemas dalam pemanasannya, Alcaraz tidak menunjukkan tanda-tanda kelelahan fisik saat dia mematahkan servis Ruud dengan meyakinkan pada game ketiga set pertama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3725 seconds (0.1#10.140)