Roger Federer, Maestro Tenis Dunia Umumkan Pensiun!

Kamis, 15 September 2022 - 21:26 WIB
loading...
Roger Federer, Maestro Tenis Dunia Umumkan Pensiun!
Petenis Swiss Roger Federer mengumumkan pensiun dari dunia tenis profesional/Foto/Instagram
A A A
BASEL - Petenis Swiss Roger Federer mengumumkan pensiun dari dunia tenis profesional. Pemilik 20 gelar Grand Slam itu bakal gantung raket, setelah mengikuti ajang terakhirnya, Piala Laver 2022 di The 02 Arena, London, Inggris, 23-25 September.

Federer mengalami masalah cedera dalam beberapa tahun terakhir. Petenis berusia 40 tahun itu mengalami cedera lutut sejak terakhir kali muncul di Wimbledon tahun lalu.

Baca juga: Januari 2023, Yeremia Rambitan Siap Comeback

Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda petenis asal Swiss itu bakal kembali ke atas permukaan lapangan tenis. Kini, dia mengumumkan jika bakal pensiun, setelah mengikuti Piala Laver 2022.

“Saya harus menyadari kapan harus mengakhiri karier kompetitif. Piala Laver pekan depan di London akan menjadi ajang ATP terakhir saya,” kata Federer di akun Twitter miliknya, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Hitung-hitungan Max Verstappen Juara Dunia Formula 1 di GP Singapura

Federer mengakui jika sejumlah cedera dan operasi yang dijalani menjadi alasan utama. Dia juga sudah berusaha untuk memulihkan kondisi fisiknya, agar dapat kembali.

“Seperti yang diketahui, selama tiga tahun terakhir saya menghadapi tantangan berupa cedera dan operasi. Saya sudah bekerja keras untuk dapat kembali kompetitif,” ujarnya.

Namun, pada akhirnya Federer harus menerima kenyataan. Kondisi fisiknya sudah tak memungkinkan untuk bersaing, dan akhirnya mengambil keputusan untuk pensiun.

“Saya menyadari jika kapasitas dan batasan tubuh. Pesan tersebut sangat jelas. Saya sudah berusia 41 tahun dan memainkan 1.500 pertandingan selama 24 tahun. Dunia tenis sudah sangat baik, ketimbang bayangan,” tutur Federer.

Sekadar informasi, Piala Laver atau Laver Cup merupakan pertandingan tenis beregu semiekshibisi yang mempertemukan petenis putra terbaik dunia yang dibagi dalam Tim Eropa dan Tim Dunia (non-Eropa).

(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1234 seconds (10.101#12.26)