Piala Presiden Esports 2022, Pemerintah Sediakan Fasilitas Kesehatan untuk Atlet

Rabu, 12 Oktober 2022 - 23:38 WIB
loading...
A A A
“Sejalan dengan hal ini, kami juga baru saja meluncurkan program 'Main Sehat Bareng Coda' yang bertujuan untuk mengajak masyarakat dan komunitas esports agar lebih memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan fisik dan mental dalam upaya peningkatan prestasi para atlet esports. Ini merupakan bentuk kontribusi Coda Indonesia bagi ekosistem game dan esports di Indonesia,” papar Rurie.
Piala Presiden Esports 2022, Pemerintah Sediakan Fasilitas Kesehatan untuk Atlet

Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group dr. Yanwar Hadiyanto menjelaskan, selain menguasai game yang dimainkan, atlet esports perlu didukung kondisi fisik yang prima serta kesehatan mental yang terjaga.

Beberapa gangguan kesehatan dapat mengintai para atlet esports yaitu back pain, cedera pergelangan tangan, dan gangguan kesehatan mental akibat efek domino dari tegangnya permainan. Hal ini perlu mendapat perhatian guna memastikan para atlet bertanding dalam performa maksimal dan mampu melahirkan prestasi.

“Sebagai salah satu cabang olahraga yang menjanjikan banyak prestasi untuk Indonesia, atlet esports juga rentan mengalami cedera. Untuk itu, RS Pondok Indah-Bintaro Jaya melalui layanan Sport Medicine, Injury & Recovery Center (SMIRC) turut mendukung kemajuan esports di Indonesia dengan menyediakan layanan pemulihan untuk atlet yang mengalami cedera, memberikan edukasi pencegahan cedera, hingga membantu meningkatkan performa atlet,” ujar dr. Yanwar.

Dalam kunjungan tersebut, para undangan turut meninjau fasilitas dan layanan dari Sport Medicine, Injury & Recovery Center (SMIRC) RS Pondok Indah-Bintaro Jaya. Fasilitas kesehatan ini melingkupi layanan komprehensif dan terintegrasi bagi para atlet olahraga termasuk atlet esports, mulai dari penanganan dan pemulihan cedera baik yang memerlukan tindakan operatif dengan bedah minimal invasive, maupun non-operatif, hingga upaya proses pemulihan pasca operasi.

Selain itu, SMIRC juga membantu peningkatan performa olahraga, hingga pendampingan olahraga khusus bagi atlet dengan kondisi medis tertentu.
Piala Presiden Esports 2022, Pemerintah Sediakan Fasilitas Kesehatan untuk Atlet

Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 Rangga Danu Prasetyo menegaskan pentingnya peningkatan performa hingga pemulihan cedera. Hal ini juga yang jadi landasan utama kegiatan Kinetic ke Sport Medicine, Injury & Recovery Center RS Pondok Indah-Bintaro Jaya.

“Selama perhelatan Piala Presiden Esports, kami selalu melihat bagaimana para talenta muda esports Indonesia mempersiapkan diri sebelum bertanding. Latihan berjam-jam dan mental yang harus selalu di atas bukanlah perkara mudah. Belum lagi, risiko cedera juga bisa berdampak besar bagi karier para atlet. Oleh karena itu, kesehatan baik secara jasmani dan mental serta penanganan terhadap cedera atlet perlu jadi perhatian khusus, sebab mereka ini yang jadi garda terdepan dalam ekosistem esports tanah air ke depannya,” ungkap Rangga.

Hingga saat ini jalannya turnamen Piala Presiden Esports 2022 telah menyelesaikan babak Final Qualifier untuk Battle of Satriadewa dan Lokapala, Regional Qualifier Mobile Legends, Regional Qualifier Free Fire, dan Closed Qualifier PUBG Mobile.

Kemudian rangkaian Piala Presiden Esports akan dilanjutkan ke Closed Qualifier Mobile Legends dan Free Fire pada 13-18 Oktober 2022; serta Final Qualifier Battle of Guardians pada 19 Oktober 2022. Open Qualifier Mobile Legends, Free Fire, dan PUBG Mobile akan dilaksanakan pada 20-25 Oktober. Khusus Mobile Legends, tim yang lolos open qualifier akan bertanding di Group Stage pada 26-30 Oktober 2022. Seluruh pemenang dari masing-masing cabang game akan berlaga di Main Event Piala Presiden Esports 2022 pada 11-13 November 2022 di Istora Senayan.
(sto)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)