Sejarah Piala Dunia, Sempat Terhenti Akibat Perang Dunia II

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 09:31 WIB
loading...
Sejarah Piala Dunia, Sempat Terhenti Akibat Perang Dunia II
Piala Dunia hingga saat ini masih menjadi turnamen sepak bola paling bergengsi. Ada sejumlah hal bersejarah selama kompetisi ini digelar. Foto: cbs4indy.com
A A A
DOHA - Piala Dunia sejak inagurasi hingga saat ini masih menjadi turnamen sepak bola paling bergengsi di kolong langit. Itu menjadi tontonan yang paling ditunggu publik.



Terjadi sejumlah hal bersejarah selama kompetisi sepak bola empat tahunan ini diselenggarakan. Mulai dari raihan trofi, hingga keikutsertaan negara.

Dikutip dari footballhistory.org, mulainya Piala Dunia tak lepas dari keputusan FIFA yang diumumkan secara resmi sejak tanggal 26 Mei 1928.

Piala Dunia pertama lalu mulai diselenggarakan dua tahun kemudian pada 1930 di Uruguay yang diikuti oleh 13 negara. Sejak saat itu diputuskan ajang ini akan dihelat setiap empat tahun sekali.

Pada Piala Dunia pertama, Uruguay sebagai tuan rumah berhasil mengangkat trofi pertama. Itu setelah menuntaskan perlawanan Argentina dengan skor 4-2 di final.

Piala Dunia pertama ini juga hanya diikuti negara negara dari benua Amerika dan Eropa tanpa adanya partisipan dari wakil Asia, Afrika maupun Australia.

Barulah pada Piala Dunia 1934 yang diselenggarakan di Italia muncul wakil Afrika pertama yakni Mesir. Kemudian pada edisi 1938 hadir perwakilan Asia pertama, yaitu Hindia Belanda atau Indonesia.

Setelah itu Piala Dunia sempat tidak bergulir atau vakum pada 1942 dan 1946. Ini disebabkan akan dipilihnya Jerman sebagai tuan rumah yang membuat beberapa negara di Benua Amerika merajuk.

Soalnya, dua Piala Dunia sebelumnya diselenggarakan di Eropa, yakni di Italia (1934) dan Prancis (1938). Selain itu turnamen berikutnya juga sempat ada wacana akan diadakan di Amerika Selatan pada 1942. Namun, nyatanya tak sesuai rencana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)