5 Penjaga Gawang Terbaik Calon Bintang Piala Dunia 2022, Kiper Non Eropa Tebar Ancaman

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 21:11 WIB
loading...
5 Penjaga Gawang Terbaik Calon Bintang Piala Dunia 2022, Kiper Non Eropa Tebar Ancaman
5 Penjaga Gawang Terbaik Calon Bintang Piala Dunia 2022, Kiper Non Eropa Tebar Ancaman. Foto: Kolase/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Daftar lima penjaga gawang terbaik calon bintang Piala Dunia 2022 Qatar ada di artikel ini. Menariknya, kandidat bukan cuma berasal dari Eropa melainkan dari Amerika Latin dan Afrika.

Posisi penjaga gawang atau kiper memang punya tempat spesial dalam turnamen besar semacam Piala Dunia. Nama-nama pemain asal Eropa seperti Thibaut Courtois (Belgia), Manuel Neuer (Jerman), Iker Casillas (Spanyol) pernah menyabet penghargaan sarung tangan emas di Piala Dunia.



Sebelum era 'golden glove' di Piala Dunia 2010, penghargaan kiper terbaik juga selalu jatuh ke tangan penjaga gawang Eropa seperti Gianluigi Buffon (Italia di Piala Dunia 2006), Oliver Kahn (Jerman di Piala Dunia 2002), Fabien Barthez (Prancis di Piala Dunia Prancis 1998), dan Michel Preud'homme (Belgia di Piala Dunia AS 1994).

Pada edisi Piala Dunia 2022, proyeksi penjaga gawang terbaik justru lebih banyak dihuni kiper-kiper non-Eropa dari Kosta Rika (CONCACAF), Brasil (CONMEBOL), dan Senegal (AFCON). Jadi, apakah gelar kiper terbaik kali ini bakal jatuh ke tangan penjaga gawang non-Eropa?

Berikut lima kiper kandidat peraih sarung tangan emas di Piala Dunia 2022 Qatar:

1. Keylor Navas (Kosta Rika)
5 Penjaga Gawang Terbaik Calon Bintang Piala Dunia 2022, Kiper Non Eropa Tebar Ancaman

Kiper terbaik milik Timnas Kosta Rika ini akan hadir di Piala Dunia 2022. Navas adalah penjaga gawang yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Sederet prestasi pernah ia raih bersama klub raksasa seperti Real Madrid dan kini Paris Saint-Germain.

Meskipun di musim ini posisinya tergeser sebagai kiper utama oleh Gianluigi Donnarumma, hal itu membuatnya berambisi menampilkan permainan cantiknya di turnamen kali ini. Tahun ini akan menjadi ketiga kalinya, Navas akan tampil di Piala Dunia setelah sempat bermain bersama negaranya pada 2014 dan 2018.

2. Edouard Mendy (Senegal)
5 Penjaga Gawang Terbaik Calon Bintang Piala Dunia 2022, Kiper Non Eropa Tebar Ancaman

Senegal telah berhasil lolos dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Afrika setelah mengandaskan perlawanan sengit Mesir pada Rabu, 30 Maret 2022 lalu. Hal itu pun menjadi debut perdana bagi kiper milik Chelsea, dalam keikutsertaannya di turnamen besar ini.

Dengan penampilannya yang cemerang saat itu, namanya sempat masuk dalam nominasi Pemain Terbaik Afrika 2022 lalu. Tentu, warga Senegal berharap penjaga gawang yang satu ini bisa membawa keberuntungan bagi Singa dari Teranga –julukan Timnas Senegal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3637 seconds (0.1#10.140)