Piala Dunia 2022: Profil Timnas AS, Senjata Bintang Muda

Jum'at, 11 November 2022 - 10:00 WIB
loading...
Piala Dunia 2022: Profil Timnas AS, Senjata Bintang Muda
Piala Dunia 2022 menjadi panggung unjuk kebolehan pemain muda timnas Amerika Serikat/Foto/Reuters
A A A
NEW YORK - Tim nasional Amerika Serikat (AS) kembali berpartisipasi di Piala Dunia 2022 setelah absen pada edisi sebelumnya di Rusia 2018. Ini menjadi panggung pemain muda The Yanks -julukan timnas AS- unjuk gigi di Qatar, 20 November-18 Desember 2022.

Sepanjang tampil di pesta sepak bola empat tahunan terbesar sejagat, timnas AS memang bukan skuad yang menonjol atau difavoritkan juara, bila dibandingkan dengan negara negara beken seperti Brasil, Jerman, Spanyol, atau Prancis.



Namun, The Yanks tetap akan jadi kuda hitam yang sewaktu waktu bisa memberikan kejutan seperti Rusia pada 2018 lalu.

Dalam sejarah Piala Dunia, Timnas Paman Sam telah ikut serta sebanyak 10 kali dan penampilan di Piala Dunia 2022 Qatar merupakan aksi mereka yang kesebelas.



Untuk prestasi terbaiknya, The Stars and Strips -julukan lain timnas AS- pernah melaju sampai babak semifinal pada edisi 1930. Namun langkah mereka terhenti usai dikalahkan Argentina.

Perjalanan di babak kualifikasi dan prediksi Grup B

Perjalanan Amerika menuju Piala Dunia 2022 ini rupanya ditempuh cukup berliku meskipun mereka berada di posisi ketiga di bawah Kanada dan Meksiko.

Tim besutan Gregg Berhalter mampu mencatatkan 7 kemenangan, 4 hasil seri dan 3 kali kekalahan membuatnya meraih 25 poin sama dengan Kosta Rika hanya beda selisih gol.

Amerika Serikat tergabung dalam Grup B Piala Dunia 2022 bersama Inggris, Wales, dan Iran. Bila dilihat dari kualitas pemain, Three Lions -julukan timnas Inggris- akan jadi saingan utama Paman Sam untuk meraih pemuncak grup.

Meski begitu Iran dan Wales tentu juga bisa memberi kejutan bagi Amerika bila diremehkan. Karena itu persaingan di grup ini bisa dibilang cukup ketat untuk memperebutkan tiket 16 besar.

Komposisi dan pemain kunci

Melihat dari susunan pemain, Amerika Serikat cukup banyak memainkan pemain muda. Membuktikan regenerasi dari kubu USA yang baik.

Pemain kunci tentu akan dipegang oleh pemain andalan Chelsea, Christian Pulisic yang akan menjalankan peran vital di lini depan timnas Amerika.

Sampai saat ini pemain yang berposisi di sayap kanan ini telah menorehkan 52 penampilan dan mencetak 21 gol sejak awal bergabungnya pada 30 Maret 2016 lalu.

Prestasi

Dari segi prestasi, USA merupakan salah satu raja di zona CONCACAF. Mereka telah meraih 7 Piala Emas CONCACAF dan Nations League 2019-2020.

Pada partai puncak mereka berhasil menundukkan Meksiko dengan skor 3-2.
Tentunya patut dinantikan bagaimana dan seberapa jauh Timnas Amerika Serikat bisa melangkah di Piala Dunia 2022 ini.

(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)