Profil Yuri Foreman, Petinju Israel Pertama yang Juara Dunia kini Jadi Rabi Yahudi

Rabu, 16 November 2022 - 20:27 WIB
loading...
Profil Yuri Foreman, Petinju Israel Pertama yang Juara Dunia kini Jadi Rabi Yahudi
Profil Yuri Foreman, Petinju Israel Pertama yang Juara Dunia kini Jadi Rabi Yahudi. Foto: Kolase
A A A
JAKARTA - Profil Yuri Foreman petinju Israel pertama yang merengkuh gelar juara dunia ada di artikel ini. Yuri Foreman mendapatkan titel itu setelah merebut sabuk kelas Welter Super WBA dari Daniel Santos.

Saat itu pertarungan digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Yuri Foreman yang berusia 28 tahun saat itu mengungguli Santos dengan skor 115-111, 117-109 dan 117-109.

Baca Juga: Andy Ruiz Ancam Robohkan Deontay Wilder di Final Eliminasi WBC

Yuri Foreman lahir pada 5 Agustus 1980 di Gomel, Belarusia. Foreman mulai bertinju pada usia 7 tahun saat masih di Belarusia. Kira-kira dua tahun kemudian, Foreman dan keluarganya pindah ke Israel di mana dia berlatih di sasana Arab.

Pada awalnya, Foreman kesulitan karena mengalami banyak kebencian di Sasana Arab. Tapi dia bisa membuktikan diri dengan menuai 3 kejuaraan tinju nasional di level amatir.

Sepanjang karier amatirnya, Foreman cukup sukses mengumpulkan rekor 75 kemenangan dan 5 kekalahan. Dia bahkan memenangkan penghargaan New York Golden Glove pada tahun 2001.

Pada 2002, Foreman menjadi profesional dan memulai kariernya dengan gemilang. Sebanyak 29 pertarungan disapu bersih dengan kemenangan. Sampai akhirnya pada 5 Juni 2010, Foreman akhirnya mengalami kekalahan pertamanya melalui TKO pada ronde kesembilan dari Miguel Cotto.

Sepanjang karier profesionalnya, Foreman mampu menjalani 30 pertarungan yang menuai 29 kemenangan dan 1 kekalahan. Dia juga menentang banyak nama mapan di dunia tinju seperti Miguel Cotto, James Moore, Vinroy Barrett, Andrey Tsurkan, Saul Roman, Daniel Santos, dan Anthony Thompson.

Ia juga pernah membintangi film Hollywood berjudul “Fighting” bersama dengan Terrence Howard dan Channing Tatum. Ditambah lagi, dia telah muncul berkali-kali di pertarungan televisi yang ditampilkan di Showtime dan ESPN.

Agama Yuri Foreman
Selain menjadi atlet, Foreman mengisi waktu senggangnya untuk mendalami ilmu agama. Sampai akhirnya, dia memutuskan menjadi Rabi (pendeta Yahudi) yang mencampur kajian agama dengan berlatih di pusat olahraga pada 2014.

Foreman mempelajari Talmud dan mistisisme Yahudi di pagi hari, berlatih tinju di sore hari, dan mengikuti kelas kerabian dua kali seminggu di IYYUN Institute, sebuah pusat pendidikan Yahudi di Gowanus.
(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1653 seconds (11.97#12.26)