4 Kemenangan Heroik Tim Asia Atas Eropa dan Amerika Selatan di Piala Dunia

Rabu, 23 November 2022 - 12:33 WIB
loading...
4 Kemenangan Heroik Tim Asia Atas Eropa dan Amerika Selatan di Piala Dunia
4 Kemenangan Heroik Tim Asia Atas Eropa dan Amerika Selatan di Piala Dunia/The Sun
A A A
Inilah 4 kemenangan paling heroik tim Asia atas Eropa dan Amerika Selatan di Piala Dunia termasuk Arab Saudi yang baru saja mengalahkan Argentina. Dalam beberapa edisi Piala Dunia, ada beberapa tim Asia yang mampu mengalahkan tim Eropa dan Amerika Latin.

Tim dari Eropa dan Amerika Latin sudah jelas mendominasi koleksi Piala Dunia. Beberapa di antaranya mampu membuat shock dunia. Tim Eropa atau Amerika Latin yang diunggulkan malah kalah dari tim Asia.

Baca Juga: Lionel Messi Jadi Bahan Meme setelah Argentina Dipermalukan Arab Saudi

Secara ranking FIFA, tim Eropa dan Amerika secara umum juga lebih tinggi daripada tim-tim Asia. Hanya Iran, Jepang, dan Korea Selatan yang masuk 30 besar ranking FIFA. Berikut beberapa kemenangan paling heroik tim Asia terhadap tim-tim Eropa dan Amerika Latin yang menggemparkan dunia :

1. Korea Selatan vs Italia
Korea Selatan mampu membuat beberapa kejutan di gelaran Piala Dunia 2002 saat menjadi tuan rumah bersama Jepang. Korea Selatan mengejutkan ketika tampil di publiknya sendiri untuk pertama kalinya di pentas Piala Dunia.

Kejutan paling besar ketika Korea Selatan mengalahkan Italia di babak perempat final. Kemenangan ini cukup kontroversial dan memalukan. Wasit Bryan Moreno dari Ekuador yang memimpin pertandingan sangat berat sebelah. Dia lebih sering menguntungkan Korea Selatan dengan cara yang kurang fair.

Pertandingan pun berakhir 2-1 untuk Korea Selatan. Ahn Jung-hwan menjadi pahlawan Korea Selatan di babak perpanjangan waktu. Efek dari kemenangan ini adalah Ahn Jung-hwan dicoret dari Perugia, klub Italia tempatnya bermain. Ini memicu polemik panjang yang membuat kariernya di Perugia langsung berakhir.

2. Korea Selatan vs Jerman
Kemenangan Korea Selatan atas Jerman di Piala Dunia 2018 mungkin bisa dibilang yang paling hebat. Mereka mengalahkan juara bertahan Piala Dunia 2014, Jerman. Jerman yang dalam dua pertandingan penyisihan grup hanya meraih 3 poin, sangat butuh kemenangan saat melawan Korea Selatan.

Namun, mereka justru kalah 0-2 dari Korea Selatan. Korea Selatan mampu mencetak 2 gol di babak kedua. Salah satunya melalui sontekan Son Heung Min di menit akhir pertandingan. Laga itu menjadi salah satu memori terbaik Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia saat ini.

3. Jepang vs Kolombia
Pertandingan Jepang vs Kolombia di Piala Dunia 2018 juga menjadi salah satu yang terbaik. Jepang lolos dari Grup H dan bertemu Belgia di babak 16 besar. Pertandingan sendiri berlangsung sangat keras. Satu kartu merah tercipta untuk Kolombia di pertandingan itu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1763 seconds (11.97#12.26)