Begini Investasi Masa Depan Tim Nasional Inggris

Kamis, 09 Juli 2020 - 10:32 WIB
loading...
Begini Investasi Masa Depan Tim Nasional Inggris
Mason Greenwood (Manchester United/MU) salah satu talenta muda untuk tim nasional Inggris. Foto/getty images
A A A
BIRMINGHAM - Keberanian pelatih Liga Primer memberi jam terbang kepada pemain muda berimbas positif terhadap tim nasional Inggris. Nama seperti Mason Greenwood (Manchester United/MU), Phil Foden (Manchester City/Man City), dan Bukayo Saka (Arsenal) sukses menembus tim utama.

Atau, bek Tottenham Hotspur Japhet Tanganga dan anggota skuad Leeds United Kalvin Phillips. Mereka disebut akan menjadi bagian dari generasi emas baru timnas Inggris di bawah kendali Gareth Southgate atau siapa pun yang nanti menukangi tim Tiga Singa.

Tanganga, misalnya. Bek berusia 21 tahun tersebut memulai debut bersama tim utama Tottenham saat menghadapi Liverpool di Liga Primer, 11 Januari lalu. Tanganga telah bermain 11 kali di semua kompetisi sepanjang musim ini. (Baca: Catatan Fenomenal Pemain Manchester City Usai Menggasak Newcastle)

Bisa bermain di seluruh posisi lini belakang, dia digadang-gadang sebagai bek tengah masa depan The Lilywhites, terlebih dengan kabar bakal dilegonya Jan Vertonghen pada musim panas ini. Bila dipanggil Southgate ke tim senior Inggris, tentu melengkapi CV-nya berbakti kepada negara.

Sebelumnya, Tanganga pernah memperkuat Inggris U-16 (2014-2015), U-17 (2016), U-18 (2016-2017), U-19 (2017-2018), dan U-20 (sejak 2018). Kans Tanganga menebus tim utama Inggris cukup besar mengingat penampilan John Stone (Man City) dan Michael Keane (Everton) cenderung naik-turun. Dia harus bersaing dengan Tyrone Mings (Aston Villa) dan Fikayo Fomori (Chelsea).

Saka juga bisa menjadi pesaing dari pemain mapan seperti Ben Chilwell (Leicester City). Piawai bertahan dan membantu serangan, bek berusia 18 tahun itu mahir melepaskan umpan-umpan akurat yang kerap berkontribusi untuk gol-gol The Gunners lewat 10 assist-nya.

Dia telah menjadi bagian penting dalam rencana Pelatih Mikel Arteta. Dalam 35 penampilan, Saka mencetak empat gol. Di level junior, Saka telah memperkuat Inggris U-16 (2017), U-17 (2017-2018), U-18 dan U-19 (sejak 2018).

Beralih ke lini tengah, Foden, gelandang Man City, masuk pengamatan. Musim ini, Foden bermain dalam 32 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak delapan gol untuk The Citizens. Namanya semakin diperhitungkan saat menjadi man of the match ketika Man City mengalahkan Villa 2-1 di final Piala Liga, Maret lalu. (Baca juga: Pemerintah Larang Lagu Glory to Hong Kong Dinyanyikan di Sekolah)

Kesuksesannya saat mengantarkan timnas Inggris U-17 menjadi juara Piala Dunia 2017 membuat Foden layak mendapatkan kesempatan. Harapan Foden bermain secara reguler di klub demi memperjuangkan tempatnya di timnas mendapatkan angin segar.

Pelatih Pep Guardiola mengatakan gelandang berusia 19 tahun tersebut merupakan pengganti ideal David Silva yang bakal pergi musim panas ini. “Silva akan pergi akhir musim ini. Kami tidak akan membeli pemain di posisinya karena memiliki Foden," kata Guardiola, dilansir Skysports.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3219 seconds (0.1#10.140)