GMW Irene Kharisma Wakili Asia ke Kejuaraan Catur Dunia

Senin, 19 Januari 2015 - 07:02 WIB
GMW Irene Kharisma Wakili Asia ke Kejuaraan Catur Dunia
GMW Irene Kharisma Wakili Asia ke Kejuaraan Catur Dunia
A A A
BANDUNG - Pecatur Jawa Barat, Grand Master Wanita (GMW) Irene Kharisma Sukandar akan menjadi satu-satunya wakil Asia yang akan berlaga di Womens World Championship 2015 di Rusia, Maret mendatang. Prestasi Irene tersebut diperolehnya setelah menjadi juara Asian Continental Women Chess Championship tahun 2012 dan 2014.

Tentu saja raihan yang ditunjukkan Irene merupakan kebanggaan Indonesia dan Jawa Barat. Ia bukan hanya menjadi wakil Asia, tapi menjadi pecatur wanita pertama yang bakal berlaga di ajang bergengsi. Sejauh ini, keikutsertaan Indonesia di kejuaraan dunia selalu diwakili oleh pecatur pria melalui GM Utut Adianto dan GM Susanto Megaranto.

Untuk bisa bersaing dengan pecatur dunia lainnya, Irene direncanakan akan menjajal kemampuannya di turnamen Moscow Open 2015. Selain itu untuk bisa beradaptasi, Irene akan menetap di Rusia sampai kejuaraan digelar.

"Sebelum menjajal kejuaraan dunia itu, saya akan berlatih selama sebulan di Rusia. Karena kejuaraan ini cukup berat, sistimnya sama dengan piala dunia di bola. Jadi untuk partisipasi saja itu kualifikasinya cukup berat,"ujarnya saat meminta doa restu kepada Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin, di Gedung KONI Jabar, Minggu (18/1/2015).

Pada Womens World Championship 2015 itu Irene akan bersaing dengan 63 peserta lainnya dari berbagai belahan dunia. Irene mengaku ia masih harus menyesuaikan diri dengan atmosfir pertandingan dunia karena ini adalah kali pertamanya ia berlaga di kancah dunia.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin menyambut baik kedatangan Irene dan memperlihatkan perasaan bangga terhadap atletnya yang sudah mampu berprestasi hingga kancah dunia. "Ini satu kebanggaan bagi Jawa Barat. Dan KONI Jabar sebagai induk organisasi olahraga berkewajiban untuk membantu dan memfasilitasi sesuai dengan kadar kemampuan yang dimiliki KONI,"tegasnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6640 seconds (0.1#10.140)