4 Kelemahan Timnas Indonesia Dibanding Thailand dan Vietnam di Piala AFF 2022: Nomor 1 Fatal

Jum'at, 13 Januari 2023 - 06:03 WIB
loading...
A A A
3. Akurasi Umpan

Di laga leg II semifinal menghadapi Vietnam, akurasi umpan Timnas Indonesia amat memprihatinkan. Timnas Indonesia keteteran menghadapi pressing Vietnam dimenit awal sehingga akurasi passing berantakan.

Ketika Vietnam mengendurkan serangan, akurasi umpan Timnas Indonesia justru belum berubah. Asnawi Mangkualam dan kolega seringkali salah passing, berujung pada hilangnya penguasaan bola.

2. Pemain Abroad Melempem

Berbeda dengan pemain abroad Vietnam, Nguyen Quang Hai yang konsisten sepanjang turnamen, pemain abroad Timnas Indonesia justru tidak kelihatan. Sebagaimana dipaparkan sebelumnya, Egy dan Witan yang berkarier di Liga Slowakia menjadi biang kerok terbuangnya dua peluang emas Timnas Indonesia ke gawang Kamboja.

Asnawi Mangkualam yang membela klub Korea Selatan, Ansan Greeners juga tak jauh berbeda. Padahal, Bersama Ansan, Asnawi mampu menunjukkan performa apik dengan mengemas dua gol dan dua assist dari 27 penampilan musim lalu.

1. Persiapan Seadanya

Rival-rival Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 melakukan persiapan dengan melakoni laga uji coba. Sebagai contoh, Vietnam melakoni uji coba menghadapi Filipina pada 14 Desember 2022 lalu, sedangkan Thailand beruji coba dengan Myanmar pada 11 Desember 2022 dan China Taipei tiga hari kemudian.

Sementara Timnas Indonesia hanya melakukan latihan dan latihan. Padahal skuad Garuda justru membutuhkan pertandingan kompetitif, mengingat kompetisi Liga 1 2022/2023 diberhentikan menyusul tragedi Kanjuruhan.

Di kala Vietnam dan Thailand melakoni laga uji coba kompetitif, Shin Tae-yong justru masih sibuk mengurusi kebugaran fisik para pemainnya. Hal itu menunjukkan bahwa dari segi persiapan saja, Timnas Indonesia sudah tertinggal dari Vietnam dan Thailand.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)