Amir Khan Bernafsu Ulangi Sejarah

Kamis, 17 Maret 2016 - 03:54 WIB
Amir Khan Bernafsu Ulangi Sejarah
Amir Khan Bernafsu Ulangi Sejarah
A A A
BOLTON - Publik tinju dunia mungkin masih ingat kenangan bersejarah Sugar Ray Leonard ketika merebut mahkota kelas menengah versi WBC dari genggaman Marvin Hagler pada 6 April 1987. Kala itu, Sugar Ray, yang sebelumnya banyak berkutat di kelas welter, melakukan loncatan drastis untuk menantang Hagler. Hasilnya pun di luar dugaan, Sugar Ray mampu mencuri kemenangan angka tipis (split decision) meskipun sebelum laga ini dia sempat absen naik ring tiga tahun.

Dan semangat untuk mengulang kemenangan bersejarah Sugar Ray Leonard itulah yang saat ini tengah didengungkan oleh bintang tinju Inggris, Amir Khan jelang pertarungannya kontra juara dunia kelas menengah versi WBC asal Meksiko, Saul "Canelo" Alvarez pada 8 Mei mendatang.

Hampir sama seperti Sugar Ray Leonard, "Si Raja" Khan langsung menantang sang juara dunia pada debutnya di kelas menengah. Sebelumnya, petinju keturunan Pakistan itu lebih banyak berlaga di kelas ringan, kelas welter junior dan kelas welter. Demi mendapatkan duel yang bakal digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat ini, Khan harus berupaya keras menambah bobotnya sekitar 6kg, dari 66,7kg (batas kelas welter) ke 72,6kg (bobot kelas menengah).

Khan menegaskan jika dirinya tidak terlalu memperhitungkan peluang di dalam ring nanti. Bahkan, dia yakin bisa mengulang kesuksesan Sugar Ray Leonard menundukkan Marvin Hagler. "Akan menjadi sesuatu yang luar biasa untuk disebut jadi juara dunia kelas menengah, dan itu seperti mimpi yang menjadi kenyataan," tukas Khan kepada Sky Sports, Rabu (16/3) waktu setempat.

Memenangkan laga melawan petinju dengan nama besar seperti Canelo terus mengusik pikiran Amir Khan, kendati dirinya sudah tidak pernah bertarung lagi sejak kemenangan angka atas Chris Algieri pada Mei tahun lalu.

"Saya yakin itu bisa terjadi, karena kita sudah melihat hal itu terjadi di masa lalu, ketika Sugar Ray Leonard mengalahkan Marvin Hagler. Dia berada di posisi yang sangat mirip dengan saya, di mana orang-orang mengatakan dia akan dihajar, dipukul KO dan terluka. Dia naik dua divisi dan dia pergi ke sana dan mengalahkan Marvin Hagler. Sugar Ray Leonard sangat hebar, petinju hebat, namun saya benar-benar percaya ini akan membawa saya ke tingkat lain," tutur Khan dengan mantap.


Data kedua petinju


Amir KhanvsSaul Alvarez
08 Desember 1986Lahir18 Juli 1990
InggrisAsalMeksiko
174cmTinggi175cm
180cmJangkauan179cm
King KhanJulukanCanelo
OrthodoxStanceOrthodox
31 (19KO)Menang46 (32KO)
3Kalah1
-Seri1
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2535 seconds (0.1#10.140)