GM Utut Adianto dan Susanto Jaring Bibit Catur di Kulonprogo

Kamis, 28 Juli 2016 - 19:24 WIB
GM Utut Adianto dan Susanto Jaring Bibit Catur di Kulonprogo
GM Utut Adianto dan Susanto Jaring Bibit Catur di Kulonprogo
A A A
KULONPROGO - Sebanyak 1.300 pelajar SD di seluruh Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Jawa Tengah, menghadiri kampanye gizi Japfa4Kids, di halaman SD Sendangsari, Pengasih Kamis (28/7/2016). Dua grandmaster (GM) Catur Indonesia, Utut Adianto dan Susanto Megaranto ikut hadir dalam menjaring bibit pecatur muda.

Utut menuturkan kegiatan ini sangat bagus dilakukan mengingat bibit muda selalu lahir dari daerah. "Dulu saya juga anak desa, tetapi sekarang saya sudah main di internasional," ungkap Utut kepada puluhan siswa SD.

Untuk memberikan rangsangan, Utut mempertontonkan kehebatannya bermain catur buta melawan andalan Kulonprogo, Jumaryanto. Hasilnya bisa ditebak, Utut menang.

Dengan pengalamannya kemenangan tidak terlalu sulit diperoleh Utut. Ia merupakan salah satu pecatur kebanggaan Indonesia yang memperoleh gelar GM di usia muda.

Atas kesadarannya melahirkan bibit baru, Utut mendedikasikan apa yang dimiliknya dengan menjadi JAPFA Chess Club. Bersama klub ini lahir pula Susanto Megaranto yang akhirnya meneruskan apa yang pernah dibuat Utut, menjadi GM termuda.

Susanto pun ikut unjuk kebolehan dengan menantang 20 anak bermain secara simultan. Ini menjadi salah satu upaya memotivasi anak agar gemar bermain catur. Permainan ini murah dan mudah dimainkan di manapun.

"Meski bukan olahraga popular, catur ini berkembang. Kami akan teus mencari bibit-bibit muda," tutur Artsanti Alif, VP Head of Public Relations PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Kegiatan ini, kata dia diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada anak-anak Kulonprogo untuk mengasah kemampuan mereka dan ikut untuk memajukan percaturan Indonesia. Dengan pendampingan dan terbukanya kesempatan, JAPFA ingin menginspirasi mereka untuk terus memperjuangkan cita-cita dan keinginan mereka untuk maju.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6773 seconds (0.1#10.140)