Olimpiade Rio 2016 Diklaim Berjalan Sukses

Rabu, 24 Agustus 2016 - 11:36 WIB
Olimpiade Rio 2016 Diklaim Berjalan Sukses
Olimpiade Rio 2016 Diklaim Berjalan Sukses
A A A
RIO DE JANEIRO - Pesta olahraga sedunia telah resmi berakhir. Olimpiade Rio de Janeiro 2016 pun dianggap Presiden Interim Brasil, Michel Temer, berjalan dengan sukses.

Olimpiade Rio 2016 digelar sejak 5 Agustus hingga 21 Agustus 2016. Sebanyak 207 negara berpartisipasi, termasuk Indonesia, mengadu para atletnya memperebutkan medali emas.

Amerika Serikat berhasil jadi juara umum, diikuti Britania Raya di peringkat dua, dan China di posisi tiga. Sementara Indonesia bisa bertahan di peringkat ke-46 berkat keberhasilan meraih satu medali emas dan dua perak. Adapun Brasil sebagai tuan rumah mengoleksi 19 medali emas, yang jadi catatan terbaiknya sepanjang sejarah.

Terlepas dari banyaknya rekor yang dipecahkan dalam berbagai perlombaan, tetap terselip cerita miring dari gelaran Olimpiade Rio. Mulai dari persiapan yang dianggap kurang memadai, hingga tingkat keamanan dan kesehatan di Brasil sendiri yang sempat membuat khawatir.

Namun Temer yang jadi penanggung jawab Olimpiade Rio 2016, mengklaim Brasil sebagai tuan rumah sukses menjalankan tugasnya. "Brasil telah melihat adanya sebuah prestasi luar biasa dan pekerjaan ini dilakukan orang-orang Brasil," serunya seperti dilansir Sportskeeda, Rabu (24/8/2016).

Temer menambahkan, data yang diterimanya mengatakan sebanyak 98,7 persen pengunjung asing terkesan perlombaan yang dianggap sudah memenuhi ekspektasi. Selanjutnya, sebanyak 87 persen menyatakan mereka ingin Olimpiade kembali digelar di Brasil. Atas dasar itu, Temer mengatakan Brasil akan menggunakan keberhasilan Olimpiade 2016 sebagai senjata untuk menghadapi tantangan ekonomi dan politik.

Bendera Olimpiade Tiba di Tokyo
Adapun Olimpiade selanjutnya akan digelar di Jepang, tepatnya di Kota Tokyo, empat tahun mendatang. Secara simbolik Tokyo bakal memulai pekerjaannya sebagai tuan rumah setelah bendera Olimpiade telah mendarat di Bandara Haneda, Tokyo, hari ini.

Seperti dilansir ABC News, Gubernur Tokyo, Turiko Koike langsung mengibarkan bendera bergambar lima ring saat turun dari pesawat. Bendera itu sebelumnya diserahkan Ketua Pelaksana Olimpiade Rio Eduardo Paes pada penutupan Olimpiade Rio 2016, Minggu kemarin.
Olimpiade Rio 2016 Diklaim Berjalan Sukses

Foto: Themalaymailonline

Saat ini, persiapan Olimpiade Tokyo 2020 sudah dilakukan. Namun pembangunan stadion utama baru akan dimulai akhir tahun ini. (Baca Juga: Terima Kasih Rio 2016, Selamat Datang Olimpiade Tokyo 2020)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3202 seconds (0.1#10.140)