Olympic

Jatim juara umum atletik

Senin,  17 September 2012  −  23:30 WIB
Jatim juara umum atletik

Sindonews.com - Lengkap sudah kebahagiaan kontingen atletik Jawa Timur. Atlet gaek Darwati menutup hari terakhir perlombaan cabang atletik dengan mendulang medali emas nomor jalan cepat 20.000 meter di area Stadion Utama Riau, Senin (17/9).

Tambahan satu medali emas membuat Jatim menyandang predikat juara umum cabor atletik. Total Jatim mengemas  9 emas, 7 perak dan 4 perunggu. Jatim mengalahkan Nusa Tenggara Barat maupun Jawa Barat yang hanya mengemas 7 medali emas. 

Darwati yang sudah tujuh kali tampil di ajang  PON memastikan medali emas setelah membukan waktu tercepat 1:45:01. Sedangkan medali perak juga berhasil direbut atlet Jatim, Inayati dengan catatan waktu 1:46:38. Jawa Tengah harus puas dengan medali perunggu atas nama Resa Wijayanti dengan waktu 1:52:16.
 
Pada lomba yang dimulai sekitar pukul 06.00 wib, kemampuan atlet  Darwati belum bisa ditandingi, meski usianya sudah mencapai 39 tahun. Sedangkan lawan-lawan,  rata-rata masih berusia 25 tahun. Termasuk rekannya sedaerahnya Inayati. Teknik dan stamina peraih emas PON XVII Kaltim 2008 itu juga terlihat masih prima untuk melalap lintas sepanjang 20 kilometer.

Bermodal pengalaman dan teknik, Darwati berhasil meninggalkan lawan-lawannya jauh dibelakang.  Justru pesaing terdekat adalah Inayati yang terus menempel hingga finish, . "Alhamdulillah saya masih bisa juara di usia hampir 40 tahun," kata Darwati usia lomba.
 
Sementara itu, Inayati mengaku puas dengan hasil yang dicapainya, meski hanya meraih perak. Sebab ini adalah debut perdana Inayati di PON pertamanya. "Even-even selanjutnya saya berharap bisa meraih medali emas, " ujarnya.

Diakui atlet kelahiran 31 Mei 1989 itu, Darwati merupakan lawan sekaligusnya guru dalam perlombaan. Bahkan, ke depan dia sudah siap mengantikan  seniornya, Darwati yang berniat mundur dari lintasan atletik. "Selama ini saya berlatih dengan beliau (Darwati), banyak ilmu yang saya dapat, semoga prestasi saya bisa lebih baik," katanya.


(aww)

views: 712x
shadow