Badung Antusias Songsong Turnamen Pramusim

Kamis, 28 Agustus 2014 - 08:51 WIB
Badung Antusias Songsong Turnamen Pramusim
Badung Antusias Songsong Turnamen Pramusim
A A A
SURABAYA - Persaingan liga basket kasta tertinggi tanah air, National Basketball League (NBL) Indonesia, segera dimulai. Melanjutkan tradisi, musim 2014-2015 nanti akan dibuka dengan Preseason Tournament. Pada 11-19 Oktober mendatang, turnamen pramusim itu diselenggarakan di GOR Purna Krida Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali.

Turnamen pramusim ini dapat terselenggara di Pulau Dewata berkat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Badung. Khususnya dari Bupati Badung Anak Agung Gde Agung. Orang nomor satu di kabupaten dengan populasi sekitar 500 ribu jiwa ini sangat antusias daerahnya kembali menjadi tuan rumah.

”Kami sangat mengapresiasi diselenggarakannya NBL Indonesia di Bali. Selain merupakan salah satu destinasi pariwisata utama di Indonesia, Bali banyak melahirkan pemain basket hebat. Kami ingin mensinergikan antara pariwisata, budaya, dan olahraga,” ujar Anak Agung Gde Agung.

Commissioner NBL Indonesia sekaligus direktur PT DBL Indonesia selaku penyelenggara liga, Azrul Ananda, menyebut Bali sebagai tempat yang sangat ideal untuk penyelenggaraan kompetisi pramusim.

”Siapa yang tidak ingin pergi ke Bali? Bukan hanya pemain, pelatih, dan penyelenggara yang senang. Dalam pengalaman beberapa tahun terakhir, setiap kali kami tampil di Bali, ada begitu banyak fans basket Indonesia ikut datang dari berbagai penjuru Indonesia. Berlibur sekaligus menikmati olahraga favoritnya. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kabupaten Badung, yang telah melakukan banyak persiapan agar turnamen pramusim bisa diselenggarakan di Bali,” kata Azrul dalam rilis yang diterima Sindonews.

Pemkab Badung memang sangat serius mendukung kemajuan basket di Bali. Pada 2012 lalu, mereka telah merenovasi GOR Purna Krida, yang berkapasitas sekitar 2.500 penonton. Gedung itu merupakan gedung basket terbaik di Bali saat ini.

Atas dukungan ini, turnamen pramusim NBL Indonesia 2014-2015 akan diberi titel ”Mangupura Cup.” Menurut Anak Agung Gde Agung, pemberian nama ini merupakan rangkaian dari perayaan HUT ke-5 ditetapkannya Mangupura sebagai ibu kota Kabupaten Badung. Sebelumnya, ibu kota kabupaten tersebut terletak di wilayah Denpasar.

Mangupura Cup ini merupakan turnamen pramusim NBL Indonesia pertama yang berlangsung di luar Pulau Jawa. Pada 2010, turnamen digelar di Malang. Lalu pada 2011 hingga 2013 selalu diselenggarakan di Surabaya.

Format turnamen tahun ini masih akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni menggunakan sistem setengah kompetisi. Dua belas tim akan dibagi menjadi dua grup, mengikuti format ”ular” berdasarkan ranking musim 2013-2014 lalu.

Berikut dua Grup Mangupura Cup:

Juara NBL Indonesia 2013-2014, Aspac Jakarta berlaga di Grup A bersama Garuda Kukar Bandung (peringkat 4), CLS Knights Surabaya (5), Bimasakti Nikko Steel Malang (8), JNE Bandung Utama (9), dan NSH GMC Jakarta (12).

Sementara itu, runner-up NBL Indonesia musim lalu Satria Muda BritAma Jakarta berada di Grup B bersama Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta (3), Stadium Jakarta (6), Hangtuah Sumsel IM (7), Satya Wacana Metro LBC Bandung (10), dan Pacific Caesar Surabaya (11).

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melangkah ke semifinal dengan format silang. Juara Grup A akan bertanding melawan runner-up Grup B, dan sebaliknya.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5043 seconds (0.1#10.140)