Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018

Rabu, 17 September 2014 - 22:44 WIB
Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018
Indonesia Tuan Rumah Asian Games 2018
A A A
INCHEON - Indonesia secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Kepastian tersebut disampaikan langsung Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah.

Kepastian Indonesia sebagai tuan rumah ini ditentukan lewat sidang umum yang digelar di Incheon, Korsel. Indonesia akan menggantikan Vietnam yang mundur karena mengalami masalah keuangan.

"Dalam kurun waktu satu bulan kurang, Indonesia siap menjadi tuan rumah. Kami telah meninjau beberapa kota-kota lain yang mempunyai keinginan menggantikan Vietnam. Namun Indonesia dinilai yang paling siap," ujar Sheikh Ahmad dalam wawancara dengan reuters, Rabu (19/9).

Pemilihan waktu menjadi 2018 dari sebelumnya 2019 karena mempertimbangkan kondisi politik Indonesia. Pasalnya, pada 2019 Indonesia akan melakukan pemilihan presiden.

Perubahan ini kata Sheikh Ahmad telah disetujui oleh majelis umum. "Tapi saya mengharapkan edisi berikutnya akan diselenggarakan pada 2023. Jadi penyelenggaraan setiap empat tahun sekali agar tidak bentrok dengan Olimpiade Musim Dingin dan Piala Dunia."

Dengan adanya keputusan tersebut, India yang selama ini juga ngotot ingin menggantikan Vietnam harus gigit jari. Di Indonesia sendiri beberapa kota siap menjadi tuan rumah, seperti Jakarta dan Palembang. Namun, Jakarta sepertinya akan ditunjuk oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4756 seconds (0.1#10.140)