Masuk Finis Keempat Malah Dapat Emas

Rabu, 01 Oktober 2014 - 23:28 WIB
Masuk Finis Keempat Malah Dapat Emas
Masuk Finis Keempat Malah Dapat Emas
A A A
INCHEON - Entah apa yang ada dibenak pelari Irak, Adnan Almntfage. Bagaimana tidak, ia hanya masuk finis di posisi keempat malah didaulat mendapatkan medali emas nomor 800m cabang atletik Asian Games 2014, Incheon, Korsel. Kok bisa ?

Ini adalah salah satu kejadian menarik di ajang pesta empat tahunan disamping berita soal doping dan penolakan pengalungan medali. Keberuntungan yang dialami Almntfage karena 'kebaikan' panitia pertandingan yang mendiskualifikasi tiga pelari di depannya yang masuk finis lebih dulu di Stadion Utama Incheon, Rabu (1/10).

Seperti dilansir gulfnews, awalnya Almntfage tertunduk lesu usai gagal mengalahkan tiga pesaingnya, Mohammed Abdulaziz (Arab Saudi), Abdulrahman Musaeb Balla (Qatar) dan Abraham Kipchirchir Rotich (Bahrain). Ia hanya bisa pasrah.

Namun hal tersebut tidak berlangsung lama setelah para juri berdiskusi hasil lomba. Ternyata dari diskusi tersebut diketahui jika pesaing Almntfage melakukan 'dosa'. Abdulaziz dianggap melakukan pelanggaran dengan melintasi garis pertama. Sedangkan Balla dan Rotich dipersalahkan karena melanggar jalur.

"Saya benar-benar bersyukur untuk medali yang saya menangi hari ini. Saya ingin mengatakan bahwa pelari Bahrain, Qatar dan Arab adalah lawan yang tangguh meskipun akhirnya mereka melakukan kesalahan di jarak 200m," ucap Almntfage.

Ia pun berharap kesalahan-kesalahan seperti itu tidak terjadi lagi di kompetisi besar seperti Asian Games. Pelari Teng Haining dari China dan atlet Qatar, Jamal Hairane juga diuntungkan setelah otomatis naik peringkat untuk mendapatkan perak dan perunggu.

"Saya sedih dengan adanya diskualifikasi ketiga pelari ini, karena di sana ada teman saya. Tapi saya senang akhirnya bisa meraih medali. Dalam tayangan lambat saya lihat dia (Balla) melewati batas sebelum 100m. Saya melihat karena ia mendapatkan dorongan dari atlet Bahrain dan Arab," pungkas Hairane.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8817 seconds (0.1#10.140)