Lee Selby Rebut Gelar Dunia Pertama

Minggu, 31 Mei 2015 - 04:15 WIB
Lee Selby Rebut Gelar Dunia Pertama
Lee Selby Rebut Gelar Dunia Pertama
A A A
LONDON - Petinju Inggris Raya, Lee Selby, 28 tahun, untuk kali pertama menasbihkan diri sebagai juara dunia tinju kelas bulu, setelah merebut kemenangan atas juara kelas bulu versi IBF, Evgeny Gradovich (28) di O2 Arena, London, Inggris, Sabtu (31/5) dini hari WIB. Selby merebut kemenangan lewat technical decision.

Laga yang direncanakan berlangsung selama 12 ronde itu berhenti di sekitar pertengahan ronde kedelapan, karena wasit yang memimpin jalannya pertarungan, Deon Dwarte meminta dokter untuk memeriksa luka di mata kiri Gradovich. Dokter pun menghentikan laga, dan hasil pertarungan ditentukan oleh tiga hakim yang bertugas. Selby pun dinyatakan sebagai pemenang dengan nilai 80-72, 79-73 dan 79-73.

Selby, yang lahir di Barry, Wales, mengawali pertarungan dengan cepat, dia dengan baik juga berhasil menghindari sejumlah hook Gradovich yang berbahaya. Selby tampil lebih efisien pada ronde pembuka dengan counter kanannya, kendati dia sempat beberapa kali terkena hook kiri Gradovich. Ronde berikutnya, Gradovich, petinju keturunan Rusia-Meksiko, meningkatkan permainannya, dan dia mampu tampil lebih baik.

Ronde ketiga relatif berimbang, namun Selby sedikit lebih menonjol, dukungan dari penonton pun membuatnya semakin percaya diri. Dua ronde selanjutnya, Gradovich mampu mengambil alih, dia beberapa kali mampu mendaratkan pukulannya dengan baik. Namun, ronde keenam balik menjadi milik Selby, dia meningkatkan permainan dan membuat Gradovich sedikit goyah melalui pukulan uppercut dan hooknya. Ronde ini juga menjadi momen terbaik untuk kedua petinju. Sayangnya, mata kanan Gradovich sedikit terluka akibat dari insiden benturan kepala.

Kendati mengalami luka akibat benturan kepala, Gradovich dengan gagah berani masih mampu menghadapi petinju yang didukung lebih banyak pendukungnya, dan ronde ketujuh pun berhasil dilaluinya. Pada awal ronde kedelapan, Selby tampil lebih baik dari lawannya hingga pada akhirnya wasit menghentikan menghentikan pertarungan untuk memanggil dokter.

Dengan kekalahan ini, El Ruso Mexicano pun harus rela sabuk juaranya dilucuti pada duel mempertahankan gelarnya yang kelima. Kini, dia mengantongi rekor 19-1-1, 9KO. Di lain pihak, Selby meningkatkan catatan pertarungannya menjadi 21-1, 8KO.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7167 seconds (0.1#10.140)
pixels