Eksodus Jebolan Asli Akademi Barcelona

Minggu, 21 Juni 2015 - 20:04 WIB
Eksodus Jebolan Asli Akademi Barcelona
Eksodus Jebolan Asli Akademi Barcelona
A A A
BARCELONA - Akademi Barcelona berbondong-bondong mendekati pintu keluar dari Camp Nou -kandang Barca-, lantaran kurang tampil reguler dalam skuat utama tim berjuluk La Blaugrana tersebut. Kabar terbaru Marc Bartra dan Martin Montoya akan segera meninggalkan skuat Catalan pada bursa transfer musim panas ini, dan jika ini terjadi maka Barca akan mengucapkan salam perpisahan kepada sisa pemain akademi La Masia jebolan tahun 1991.

Bartra dan Montoya sebenarnya termasuk dalam skuat besutan Luis Enrique saat meraih treble winners musim lalu, tapi minimnya kesempatan membuat jebolan asli Barca itu mempertimbangkan untuk hengkang. Isu kepergian Bartra sempat mencuat ketika sang agen mengatakan kliennya butuh bermain yang lebih banyak, meski sebenarnya bek berusia 24 tahun itu bahagia berada dalam skuat Catalan. Tapi lantaran persaingan ketat di skuat utama Barca musim depan, Bartra berniat hengkang pada bursa transfer mendatang.

(Baca Juga: Trio MSN Matikan Produk Akademi Barcelona)

“Marc sangat bahagia di sini, namun jika ada tawaran dari klub lain yang bisa memberikan kesempatan tampil lebih banyak, kami akan mendengarkan dan memutuskan. Klausul penjualannya menurun hingga 12 juta Euro, karena dia jarang bermain, namun itu hanya berlaku hingga 1 Juli. Setelah itu harganya bisa kembali menjadi 30 juta Euro," jelas sang agen.

Sementara Montoya juga senasib dengan Bartra yang menurut agennya bek asli Spanyol itu masih menyimpan harapan meninggalkan Camp Nou. Raksasa Liga Italia Juventus adalah klub yang paling gencar dikaitkan siap memboyong Montoya di bursa transfer. "Sejak kami meneken kontrak dengan klub, Martin sudah bermain empat kali. Tentu saja situasi itu membuat kami bahagia tetapi ide meninggalkan Barca belum berubah. Kami masih menunggu klub memiliki direktur olahraga terbaru untuk bernegosiasi dan mencari solusi terbaik," jelas Juan Dios Carrasco selaku agen dari Montoya.

Bila Bartra dan Martin Montoya benar akan meninggalkan Barca musim panas ini, maka ini akan menambah daftar panjang deretan pemain jebolan asli La Masia yang meninggalkan Catalan. Sebelumnya penyerang muda Catalan, Munir Al Haddadi dikabarkan siap memilih meninggalkan Camp Nou pada bursa transfer musim panas nanti karena minim kesempatan bermain. Sedangkan Gerard Deulofeu tinggal selangkah lagi berseragam Everton, ketika dalam beberapa musim terakhir justru berkembang di klub lain dengan status pemain pinjaman.

Tak berhenti sampai disini, pemain seperti Pedro Rodriguez, dan Sergi Roberto juga dilaporkan bakal hengkang. Eksodus pemain asli La Masia dimulai tiga tahun lalu saat Isaac Cuenca pindah ke Ajax Amsterdam. Lalu diikuti Thiago Alcantara dan Cristian Tello, yang hengkang ke Bayern Muenchen dan FC Porto. Barca sendiri sepertinya telah gagal menjadi tempat berkembangnya pemain asli binaan mereka sendiri.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2940 seconds (0.1#10.140)