GP Hungaria Kibarkan Bendera Hitam

Kamis, 23 Juli 2015 - 01:00 WIB
GP Hungaria Kibarkan Bendera Hitam
GP Hungaria Kibarkan Bendera Hitam
A A A
BUDAPEST - GP Hungaria 2015 yang digelar akhir pekan ini akan dibuka dengan upacara mengenang kematian Jules Bianchi (25), pembalap yang tewas setelah tabrakan di Sirkuit Suzuka, Oktober 2014 lalu. Para pembalap juga bakal mengheningkan cipta untuk mengenang karier pembalap Prancis itu.

Bianchi yang meninggal pada Sabtu (18/7/2015) lalu telah dimakamkan tiga hari setelahnya di kampung halamannya di Saint Reparate Cathedral, Nice. Dalam upacara pemakaman itu nampak hadir Presiden FIA, Jean Todt dan anaknya Nicolas, yang meruapakan manajer Bianchi serta sejumlah pembalap F1 yang masih aktif.

"Akhir pekan ini kita mengheningkan cipta sebelum memulai balapan di Sirkuit Hungaroring," kata Direktur Teknis Mercedes, Paddy Lowe.

"Pelajaran penting yang kita ambil dari kecelakaan tragis tahun lalu adalah agar kecelakaan berulang. Formula 1 telah 21 tahun lepas dari hal semacam ini dan semua peserta merasakan kembalinya ketakutan ini," lanjutnya.

Kematian Bianchi merupakan yang pertama dalam 21 tahun terakhir setelah Ayrton Senna dan Roland Ratzenberger tewas akibat kecelakaan fatal di Sirkuit Imola. Menyusul peristiwa itu, Federasi Balap Internasional (FIA) akhirnya membuang nomor 17 yang digunakan Bianchi saat mobilnya menabrak crane di Sirkuit Suzuka. (Baca juga : Nomor Keramat Bianchi 'Dicoret' dari Formula 1)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8755 seconds (0.1#10.140)